Sari, Lilis Arisa Kumala Sari (2024) Analisis perkembangan bahasa reseptif pada anak dengan gangguan disintegratif (childhood disintegrative disorder) / Lilis Arisa Kumala Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan bahasa merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh orang tua terhadap anaknya. Kemampuan bahasa itu sendiri menjadi modal awal anak dalam berkomunikasi dengan lingkungan sekitar. Bahasa reseptif memiliki fungsi untuk menerima pesan yang disampaikan oleh orang lain sehingga dapat menghasilkan informasi. Proses menerima pesan yang salah akan berdampak pada hasil informasi. Childhood disintegrative disorder (CDD) atau yang lebih dikenal sebagai syndrome Heller merupakan kondisi yang dianggap berbeda dengan ASD jika dilihat dari segi datangnya regresi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan bahasa reseptif pada anak dengan gangguan disintegratif (Childhood disintegrative disorder) dan faktor ndash faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan kondensasi data data display (penyajian data) dan verifikasi kesimpulan. Teknik keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan bahasa reseptif subjek terlihat pada 2 aspek yakni dalam memberikan respon verbal dan respon tindakan. Subjek dapat menjawab pertanyaan sederhana serta dapat melakukan perintah sesuai instruksi yang diberikan. Perkembangan bahasa reseptif pada subjek tidak lepas dari faktor yang mendukung. Faktor ndash faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa reseptif pada anak dengan gangguan disintegratif (childhood disintegrative disorder) dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perkembangan bahasa reseptif pada anak dengan disintegratif (Childhood disintegrative disorder) dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/308557 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |