Wijaya, Salshabila Eka Wijaya (2022) Studi analisis pelaksanaan program khusus sibi dan komunikasi oral pada siswa tunarungu kelas v slb abd negeri kedungkandang / Salshabila Eka Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Anak tunarungu adalah anak yang memiliki hambatan di bagian pendengaran baik sebagian atau seluruhnya sehingga program layanan khusus yang diperuntukkan bagi anak tunarungu adalah PKPBI untuk meningkatkan kemampuan komunikasinya. Program layanan PKPBI di SLB ABD Negeri Kedungkandang memiliki bentuk pembelajaran yang berbeda dengan pedoman program PKPBI itu sendiri. Program layanan PKPBI di SLB ABD Negeri Kedungkandang lebih memfokuskan siswa pada kemampuan bahasa isyarat dan komunikasi oral. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian mengenai pelaksanaan program khusus SIBI dan komunikasi oral pada siswa tunarungu kelas V di SLB ABD Negeri Kedungkandang. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data yang memberikan gambaran untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program khusus SIBI dan komunikasi oral yang dilaksanakan di kelas V SLB ABD Negeri Kedungkandang. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam proses pengumpulan data instrumen yang dipilih peneliti adalah wawancara observasi dokumentasi dan angket. Observasi dilakukan di sekolah dan di rumah guru kelas wawancara dilakukan dengan guru kelas pengumpulan dokumentasi yang diperlukan saat penelitian dilakukan di sekolah serta pengisian angket yang dilakukan di rumah orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran pelaksanaan program khusus SIBI dan komunikasi oral pada siswa tunarungu kelas V SLB ABD Negeri Kedungkandang diawali dengan kegiatan asesmen hingga tindak lanjut. Pada tahap perencanaan guru menyiapkan instrumen asesmen lalu menyusun rencana pembelajaran penyediaan media pembelajaran alat dan tempat. Proses pelaksanaannya dilakukan berdasarkan rencana pembelajaran yang telah dibuat dan urutan materi yang telah dirancang. Kegiatan tidak hanya berupa pembelajaran di kelas tetapi juga di luar kelas. Tindak lanjut berupa diskusi serta penyampaikan perkembangan oleh guru pada orang tua siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah program khusus SIBI dan komunikasi oral menjadi salah satu program khusus dalam meningkatkan kemampuan komunikasi siswa tunarungu. Langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran terdiri dari asesmen perencanaan program pelaksanaan dan evaluasi. Terdapat hambatan dalam pelaksanaan program yang kemudian ditemukan solusinya oleh guru selaku penanggung jawab dan pelaksana program khusus SIBI dan komunikasi oral.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/308556 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |