Azizah, Berlianti Apriliana Nur (2024) Peran komunikasi interpersonal guru pada perkembangan keterampilan sosial siswa autism spectrum disorder (asd) di slb c, autis negeri kedungkandang kota malang / Berlianti Apriliana Nur Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Autism Spectrum Disorder (ASD) adalah gangguan perkembangan yang terjadi pada masa anak-anak ditandai dengan keterlambatan dalam berbagai bidang seperti kognitif bahasa perilaku komunikasi dan interaksi sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana komunikasi interpersonal antara guru dan siswa berperan dalam perkembangan keterampilan siswa Autism Spectrum Disorder (ASD). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif studi kasus dengan observasi langsung dan wawancara mendalam melibatkan 3 guru kelas kepala sekolah dan 4 siswa ASD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal guru memiliki dampak signifikan pada perkembangan keterampilan sosial siswa ASD. Dengan menerapkan keterbukaan dan kesetaraan guru membangun kepercayaan dan ikatan emosional membantu siswa lebih terampil dalam situasi sosial fokus belajar menjaga stabilitas emosi dan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai. Guru mengintegrasikan sikap positif melalui pembiasaan seperti menyapa teman atau guru di sekolah memberikan contoh konkret dan penjelasan berulang untuk mengembangkan keterampilan hubungan teman sebaya. Empati guru memungkinkan pembelajaran yang adaptif dan sesuai kebutuhan siswa menggunakan media visual untuk memudahkan pemahaman. Sikap suportif dan pembelajaran kreatif menumbuhkan orientasi tugas yang kuat dan kemampuan akademik siswa ASD. Pembiasaan konsisten seperti budaya salim membantu siswa memahami dan mematuhi peraturan sekolah dan mewujudkan perilaku positif. Untuk peneliti selanjutnya disarankan melanjutkan penelitian ini dengan fokus pada evaluasi lebih mendalam terhadap efektivitas strategi dan program yang telah diimplementasikan. Penelitian lanjutan dapat memperluas cakupan untuk memahami lebih dalam pengalaman siswa Autism Spectrum Disorder (ASD) guru dan orang tua dalam konteks lingkungan pendidikan. Selain itu penelitian ini juga dapat mengeksplorasi faktor-faktor tambahan yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran siswa ASD di lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 02:07 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/308555 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |