Pengaruh intervensi teknik physical prompt terhadap kemampuan toilet training (bak) pada kasus autism spectrum disorder (asd) / Seviana Rosy Deavy - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh intervensi teknik physical prompt terhadap kemampuan toilet training (bak) pada kasus autism spectrum disorder (asd) / Seviana Rosy Deavy

Deavy, Seviana Rosy Deavy (2024) Pengaruh intervensi teknik physical prompt terhadap kemampuan toilet training (bak) pada kasus autism spectrum disorder (asd) / Seviana Rosy Deavy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik physical prompt terhadap kemampuan toilet training Buang Air Kecil (BAK) pada kasus Autism Spectrum Disorder (ASD). Dalam modifikasi perilaku munculnya sebuah perilaku dikarenakan adanya sebuah hubungan antara stimulus dan respon. Maka peneliti memilih untuk menggunakan teknik physical prompt sebagai sebuah stimulus untuk melihat perilaku yang diinginkan pada subjek yaitu dapat memahami konsep toilet training dengan benar melalui respon positif. Hal ini karena subjek kesulitan untuk fokus dan mudah terganggu maka tidak mungkin untuk menerapkan teknik verbal prompt sehingga peneliti memilih untuk menggunakan teknik physical prompt. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A rsquo . Subjek penelitian EAF berusia 6 tahun yang berjenis kelamin laki-laki. Adapaun jenis pengukuran yang digunakan adalah persentase. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes unjuk kerja dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis antar kondisi dan analisis dalam kondisi menggunakan statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bawah adanya pengaruh teknik physical prompt terhadap kemampuan Buang Air Kecil (BAK) pada kasus Autism Spectrum Disorder (ASD). Hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan peningkatan mean level pada kondisi baseline-1 (A1) dengan hasil 61 17% meningkat pada kondisi intervensi (B) dengan hasil 85 87% serta mengalami konsisten pada kondisi baseline-2 (A2) dengan hasil yang sama yaitu 85 87%.perhitungan persentase overlap antara kondisi baseline-1 (A1) ke kondisi intervensi (B) sebesar 0%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/308554

Actions (login required)

View Item View Item