Kharisma, Amandha Nur Kharisma (2024) Implementasi ggr sebagai alat bantu pada pembelajaran menulis anak berkebutuhan khusus / Amandha Nur Kharisma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Menulis adalah hal yang sangat penting dan termasuk ke dalam 4 keterampilan berbahasa namun demikian gangguan menulis sering terjadi pada anak berkebutuhan khusus. Terdapat berbagai alat bantu pembelajaran atau teknologi asistif yang diciptakan untuk mengatasi gangguan menulis dan diketahui berhasil. GGR adalah alat bantu pembelajaran menulis yang dikembangkan untuk anak berkebutuhan khusus dengan gangguan menulis. GGR belum pernah diuji coba dan belum diketahui hasil implementasinya. Dalam penelitian ini dilakukan uji coba prototype GGR dan dianalisis tingkat ergonomis durabilitas dan keberfungsiannya saat diimplementasikan kepada anak berkebutuhan khusus. Penelitian adalah penelitian survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang diwakili pengisiannya oleh 3 pengamat serta teknik observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif serta analisis inferensial dengan repeated measure ANOVA. Temuan menunjukkan bahwa GGR dinyatakan sangat ergonomis pada proses penggunaannya pada proses penggunaannya GGR dinyatakan tidak durable pada proses penggunaannya GGR dinyatakan sangat berfungsi pada proses penggunaannya dan sebagai alat bantu pembelajaran menulis anak berkebutuhan khusus GGR dapat dinyatakan sangat berhasil dilihat dari keberhasilan menurunkan gangguan menulis dan meningkatkan kemampuan menulis anak. Melalui pengujian dapat dibuktikan bahwa tidak ada perbedaan rata-rata dari pengisian data ketiga pengamat. Implikasi penelitian ini adalah membantu pihak pengembang GGR mendapat bahan evaluasi alat terutama pada aspek durabilitas yang bermanfaat untuk pengembangan alat menjadi lebih baik serta bisa menjadi bahan kajian untuk penelitian-penelitian selanjutnya yang terkait. Berdasarkan hasil temuan saran bagi pihak pengembang adalah hendaknya dilakukan perbaikan daya tahan atau durabilitas dari GGR bagi guru adalah guru dapat mulai menggunakan banyak alat bantu pembelajaran seperti media calistung dan teknologi asistif dalam pembelajaran anak berkebutuhan khusus bagi siswa terutama yang menjadi subjek penelitian adalah tetap semangat belajar menulis dan bagi penelitian selanjutnya adalah agar melakukan penelitian terkait GGR yang lebih luas dari penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/308553 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |