Widiantari, Ni Kadek Widiantari (2024) Analisis strategi guru pembimbing khusus (gpk) dalam pembelajaran siswa berkebutuhan khusus attention deficit hyperactivity disorder (adhd) di sdn sumbersari 3 kota malang / Ni Kadek Widiantari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang digunakan oleh guru pembimbing khusus (GPK) pada pembelajaran siswa berkebutuhan khusus ADHD yang meliputi perencanaan pelaksanaan serta evaluasi. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis hambatan dari pelaksanaan strategi GPK dalam pembelajaran siswa ADHD di SDN Sumbersari 3 Kota Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi partisipan in-depth interviewing dan dokumentasi. Pada keabsahan data peneliti menggunakan credibility test dengan perpanjangan pengamatan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Selanjutnya data diolah melalui tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat strategi-strategi yang dilaksanakan oleh GPK diantaranya 1) Perencanaan strategi yang dimulai dari asesmen penyusunan perangkat pembelajaran dan PPI. 2) Pada pelaksanaan strategi GPK melaksanakan pada setiap pembelajaran di kelas yakni a) Setting kelas yang menyesuaikan dengan kondisi siswa b) menggunakan pendekatan tanya jawab diskusi dan presentasi c) Pemberian materi dan tugas yang sederhana d) Pemberian apresiasi e) Pemberian teguran f) Sosialisasi teman sebaya g) Penggunaan media pembelajaran h) Pendampingan oleh shadow teacher. 3) Pada strategi evaluasi dilakukan dengan menyederhanakan evaluasi atau penilaian yang menyesuaikan dengan kemampuan siswa serta memberikan catatan tambahan mengenai perkembangan hasil belajar. Dalam pelaksanaannya terdapat beberapa faktor penghambat yakni secara internal siswa yang sulit dalam mengontrol emosi dan secara eksternal yaitu kurangnya pemahaman guru mengenai cara menangani siswa berkebutuhan khusus dan adanya rasa kewalahan ketika siswa tidak didampingi oleh shadow teacher.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/308551 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |