Rusdianti, Fahriyana Rusdianti (2020) Pengaruh strategi kwl (know, want to know, learned) terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada siswa tunagrahita / Fahriyana Rusdianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tunagrahita mengalami berbagai permasalahan akademik yang umumnya membutuhkan kemampuan berpikir yang baik. Salah satunya adalah kemampuan membaca. Data di lapangan menunjukkan bahwa siswa tunagrahita yang telah melewati tahapan membaca permulaan kesulitan ketika memasuki tahapan membaca pemahaman. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah strategi khusus untuk membantu guru dalam mengajarkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa tunagrahita. Salah satu strategi membaca yang dapat digunakan adalah strategi KWL (Know Want to Know Learned). Strategi KWL merupakan strategi membaca yang melibatkan siswa dalam mengeksplorasi serta menghubungkan pengetahuan dan pengalaman siswa dengan tema bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi KWL terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada siswa tunagrahita kelas V-VIII di SLB Widya Shantika. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan rancangan penelitian one group pre-test dan post-test. Tolak ukur yang digunakan untuk mengukur peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa adalah hasil pre-test dan post-test berupa 20 soal dengan indikator yang mengukur aspek kemampuan membaca pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi KWL mampu meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa tunagrahita kelas V-VIII di SLB Widya Shantika yang ditunjukkan dengan meningkatnya hasil skor post-test jika dibandingkan dengan hasil skor pre-test. Strategi KWL juga dapat mengasah keterampilan siswa dalam mengingat berbicara membaca memahami dan mampu meningkatkan motivasi belajar dan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Hasil uji hipotesis yang diuji menggunakan uji Wilcoxon mendapatkan nilai asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0 039. Karena 0 039 lt 0 05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Terdapat pengaruh penggunaan strategi KWL terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada siswa tunagrahita kelas V-VIII di SLB Widya Shantika.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jun 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/308549 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |