Evaluasi program keterampilan vokasional berdasarkan model cipp (context, input, process, product) di slb abd negeri kedungkandang / Satriyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi program keterampilan vokasional berdasarkan model cipp (context, input, process, product) di slb abd negeri kedungkandang / Satriyanti

Satriyanti (2024) Evaluasi program keterampilan vokasional berdasarkan model cipp (context, input, process, product) di slb abd negeri kedungkandang / Satriyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program keterampilan vokasional untuk anak berkebutuhan khusus dirancang agar mereka memiliki kecakapan hidup dan sebagai bekal setelah lulus sekolah agar mereka dapat hidup mandiri bisa masuk ke dunia kerja maupun membuka usaha sendiri dan beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Dalam pelaksanaan program keterampilan vokasional perlu adanya Evaluasi untuk menilai seberapa jauh Kebijakan program yang dibuat untuk mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Evaluasi program keterampilan vokasional berdasarkan model CIPP (Context Input Process Product). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan jenis penelitian Kualitatif deskriptif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa Evaluasi program keterampilan vokasional berdasarkan model CIPP (Context Input Process Product) di SLB ABD Negeri kedungkandang. Dilihat dari aspek evaluasi konteks Input Proses dan produk Program keterampilan vokasional di SLB ABD Negeri Kedungkandang berhasil membekali peserta didik dengan keterampilan untuk hidup mandiri dan mengembangkan potensi anak berkebutuhan khusus. Pendanaan solid Sarana dan prasarana memadai dan berkolaborasi dengan industri yang mendukung keberhasilan program. Evaluasi produk menunjukkan ketercapaian tujuan dan kontribusi positif terhadap perkembangan peserta didik. kesimpulan dari hasil penelitian bahwa program keterampilan vokasional di SLB ABD Negeri Kedungkandang sudah dilakukan sesuai dengan standar pendidikan keterampilan vokasional dan peraturan yang berlaku dibeberapa sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 May 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/308545

Actions (login required)

View Item View Item