Pengaruh model direct instruction berbantuan media stick angka terhadap kemampuan penjumlahan siswa tunagrahita di slb yayasan putra pancasila malang / Nur Afni Zuliyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model direct instruction berbantuan media stick angka terhadap kemampuan penjumlahan siswa tunagrahita di slb yayasan putra pancasila malang / Nur Afni Zuliyanti

Zuliyanti, Nur Afni Zuliyanti (2024) Pengaruh model direct instruction berbantuan media stick angka terhadap kemampuan penjumlahan siswa tunagrahita di slb yayasan putra pancasila malang / Nur Afni Zuliyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nur Afni Zuliyanti. 2024. Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Media Stick Angka Terhadap Kemampuan Penjumlahan Siswa Tunagrahita di SLB Yayasan Putra Pancasila Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd M.Pd (2) dr. Agung Kurniawan M.Kes Kata Kunci Tunagrahita Kemampuan Penjumlahan Media Stick Angka Tunagrahita adalah individu yang memiliki intelegensi yang signifikan dibawah rata-rata dan disertai dengan ketidakmampuan dalam adaptasi perilaku yang mucul dalam masa perkembangan. Anak tunagrahita akan mengalami berbagai hambatan dalam upaya memenuhi kebutuhan-kebutuhan bahkan diantara mereka ada yang mencapai sebagaian atau kurang tergantung pada berat ringannya hambatan yang dimiliki anak serta perhatian yang diberikan oleh lingkungannya. Oleh karna itu Model Direct Instruction berbantuan media stick angka sangat di perlukan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan siswa tunagrahita. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model direct instruction berbantuan media stick angka terhadap kemampuan penjumlahan siswa tunagrahita di SLB Yayasan Putra Pancasila Malang. Model desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah model desain one groups pretest-posttest. Desain One Groups Pretest-Posttest yaitu desain penelitian yang terdapat pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah diberi perlakuan. Berdasarkan hasil Instrument penelitian kemampuan penjumlahan siswa tungarahita yang telah dilakukan maka dapat di tarik kesimpulan bahwa terdapat perubahan peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan penjumlahan siswa tunagrahita setelah di berikan model direct instruction berbantuan media stick angka di SLB Yayasan Putra Pancasila Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 May 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/308543

Actions (login required)

View Item View Item