Pengembangan multimedia permainan belanja untuk tunagrahita ringan Kelas ii SMA di SLB Idayu 2 Malang / Duwi Wijayati</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia permainan belanja untuk tunagrahita ringan Kelas ii SMA di SLB Idayu 2 Malang / Duwi Wijayati</p>

Wijayati, Duwi (2021) Pengembangan multimedia permainan belanja untuk tunagrahita ringan Kelas ii SMA di SLB Idayu 2 Malang / Duwi Wijayati</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wijayati Duwi. 2021. Pengembangan Multimedia Permainan Belanja Untuk Tunagrahita Ringan Kelas II SMA Di SLB Idayu 2 Malang. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (i) Dr. Ahsan Romadlon Junaidi M.Pd (ii) Dr.Agung Kurniawan M.Kes Kata Kunci Multimedia permainan belanja Pengembangan Tunagrahita Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia untuk tunagrahita ringan kelas II SMA pada materi belanja. 2) Mengetahui kelayakan media yakni multimedia permainan belanja berdasarkan penilaian ahli media ahli materi dan guru mata pelajaran. 3) Mengetahui keefektifan media berdasarkan hasil belajar siswa tunagrahita pada materi belanja. Metode dalam penelitian pengembangan ini menggunakan metode research and development yang dikemukakan oleh Sugiyono yang terdiri dari 10 langkah yakni potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi produk revisi produk uji coba produk revisi produk uji coba pemakaian revisi produk dan produksi masal. Namun peneliti melaksanakan pengembanagn hanya sampai pada langkah keenam yakni uji coba produk 7 langkah pengembangan. Uji coba produk dilakukan oleh 4 siswa tunagrahita ringan kelas II SMA di SLB Idayu 2 Malang dengan metode eksperimen yakni menggunakan one group pre- test post-test design. Pengembangan multimedia permainan belanja menggunakan software Unity. Hasil penilaian ahli materi mendapat nilai rata-rata 4.3 dengan keterangan ldquo Sangat Layak rdquo . Hasil penilaian ahli media mendapat nilai rata-rata 4.9 dengan keterangan ldquo Sangat Layak rdquo . Hasil penilaian guru pembelajaran mendapat nilai rata-rata 4.7 dengan keterangan ldquo Sangat Layak rdquo . Hasil uji coba mendapat nilai rata-rata pre-test 57.5 dan rata rata nilai post-test 86.3 dengan hasil diperoleh sebesar 6.6 dan sebesar 2.9 dengan uji hipotesis taraf signifikan 0.05 (5%) dan derajat kebesaran (db 3) maka gt 6.6 gt 2.9 yang menunjukan bahwa dapat diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terhadap perbedaan yang signifikan kemampuan belanja siswa kelas II SMA Idayu 2 Malang antara sebelum dan sesudah menggunakan multimedia permainan belanja. Kesimpulan dalam penelitian pengembangan ini menujukkan bahwa multimedia permainan belanja sangat layak untuk digunakan siswa tunagrahita ringan kelas II SMA di SLB Idayu 2 Kab. Malang sebagai media pembelajaran dan multimedia permainan belanja dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa tunagrahita ringan kelas II SMA di SLB Idayu 2 Kab. Malang mengenai materi berbelanja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/308542

Actions (login required)

View Item View Item