Penerapan metode drill dalam pembelajaran kemampuan bina diri buang air kecil untuk siswa tunagrahita kategori sedang kelas iii di slb bc kepanjen / Luthfiyyah Dwi Aprilia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode drill dalam pembelajaran kemampuan bina diri buang air kecil untuk siswa tunagrahita kategori sedang kelas iii di slb bc kepanjen / Luthfiyyah Dwi Aprilia

Aprilia, Luthfiyyah Dwi Aprilia (2023) Penerapan metode drill dalam pembelajaran kemampuan bina diri buang air kecil untuk siswa tunagrahita kategori sedang kelas iii di slb bc kepanjen / Luthfiyyah Dwi Aprilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aprilia Luthfiyyah Dwi. 2023. Penerapan Metode Drill Dalam Pembelajaran Kemampuan Bina Diri Buang Air Kecil untuk Siswa Tungrahita Kategori Sedang Kelas III di SLB BC Kepanjen. Skripsi Departemen Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ahsan Romadlon Junaidi M.Pd (II) Muchamad Irvan S.Pd. M.Pd Kata Kunci anak tunagrahita kategori sedang bina diri buang air kecil metode drill Anak tunagrahita kategori sedang adalah anak dengan hambatan intelektual dan kognitif dibawah rata-rata yang mempunyai IQ berkisar 54 dengan karakteristik mengalami kesulitan memahami hal yang bersifat abstrak berupa bina diri mengurus diri khususnya bagaimana cara buang air kecil dengan tahapan yang benar dimana keterampilan tersebut merupakan hal yang penting dan paling dasar untuk kemandirian mengurus diri dalam jangka panjang. Oleh karena itu metode drill dipilih dalam penelitian ini karena merupakan metode yang cocok dan mampu meningkatan kemampuan bina diri buang air kecil anak tunagrahita kategori sedang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kondisi awal kemampuan bina diri buang air kecil anak tunagrahita kategori sedang kelas III proses kemampuan bina diri buang air kecil siswa tunagrahita kategori sedang kelas III saat diterapkan metode drill dan kemampuan bina diri buang air kecil siswa tunagrahita kategori sedang kelas III sesudah diterapkan metode drill. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek tunggal atau single subject research (SSR). Desain penelitian A-B-A menggunakan analisis data berupa analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bina diri buang air kecil pada kondisi awal sebelum diberikan intervensi (A1) didapati skor akhir yaitu 29%. Pada saat proses pemberian intervensi berupa metode drill (B) didapati skor akhir yaitu 81%. Kemudian kemampuan bina diri buang air kecil sesudah diterapkan metode drill (A2) didapati skor akhir yaitu 86%. Presentase overlap penelitian ini yaitu 0% artinya terdapat pengaruh perubahan baik atas penerapan metode drill terhadap kemampuan bina diri buang air kecil siswa tunagrahita kategori sedang kelas III.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Mar 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/308536

Actions (login required)

View Item View Item