Persepsi mahasiswa reguler ketika berinteraksi dengan mahasiswa disabilitas netra di universitas negeri malang / I Gede Pramana Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi mahasiswa reguler ketika berinteraksi dengan mahasiswa disabilitas netra di universitas negeri malang / I Gede Pramana Putra

Putra, I Gede Pramana Putra (2024) Persepsi mahasiswa reguler ketika berinteraksi dengan mahasiswa disabilitas netra di universitas negeri malang / I Gede Pramana Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir perguruan tinggi di Indonesia semakin mendorong inklusivitas pendidikan bagi mahasiswa dengan disabilitas. Meskipun ada upaya untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif mahasiswa dengan disabilitas masih menghadapi banyak tantangan dan hambatan dalam memperoleh akses yang sama dengan mahasiswa reguler. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pandangan mahasiswa regular di Universitas Negeri Malang dapat mengetahui persepsi dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi sikap mereka terhadap mahasiswa dengan disabilitas netra dan mengembangkan kemampuan berinteraksi dengan mahasiswa tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat membantu perguruan tinggi untuk mengembangkan program pendidikan dan pelatihan yang lebih baik bagi mahasiswa dan staff yang bekerja dengan mahasiswa dengan disabilitas. Dalam penelitian ini tidak hanya melihat dari sisi perspektif tetapi dalam bidang akademik dan non akademik juga. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif deskriptif yaitu suatu rumusan masalah yang memandu penelitian untuk mengeksplorasi atau memotret situasi sosial yang akan diteliti secara menyeluruh. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara kepada subjek mahasiswa reguler. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa awalnya mahasiswa reguler merasa canggung ketika berinteraksi dengan mahasiswa disabilitas netra karena tidak tahu harus cara memulai berinteraksi dengan mahasiswa disabilitas netra namun dengan adanya unit kegiatan gerakan mahasiswa peduli inklusi dan disabilitas (Gempita) mahasiswa reguler mengetahui bagaimana cara untuk berinteraksi baik dalam segi akademik dan non akademik dengan mahasiswa dengan disabilitas netra. Saran yang diberikan untuk perguruan tinggi adalah diharapkan agar pendidikan tinggi dapat membentuk layanan dan kebijakan yang inklusi. Saran untuk mahasiswa Diharapkan ketika berinteraksi harus ada yang mengawali karena jika tidak ada yang mengawali antara mahasiswa reguler dengan mahasiswa disabilitas maka interaksi tidak akan terjadi. Dan saran untuk peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dengan menggali banyak sumber terkait interaksi mahasiswa disabilitas di perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Feb 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/308524

Actions (login required)

View Item View Item