Pengembangan media interaktif 'rubah pintar' berbasis powerpoint terhadap kemampuan mengenal wujud benda siswa Kelas iv SLB Autisme river kids / Wahyu Hidayatullah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media interaktif 'rubah pintar' berbasis powerpoint terhadap kemampuan mengenal wujud benda siswa Kelas iv SLB Autisme river kids / Wahyu Hidayatullah</p>

Hidayatullah, Wahyu (2024) Pengembangan media interaktif 'rubah pintar' berbasis powerpoint terhadap kemampuan mengenal wujud benda siswa Kelas iv SLB Autisme river kids / Wahyu Hidayatullah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa autis mengalami kesulitan dalam berpikir abstrak memusatkan perhatian dan jangka ingatan pendek. Berdasarkan studi pendahuluan di SLB Autisme River Kids mereka mengalami kesulitan mengenal wujud benda dan kehilangan pemahaman terhadap klasifikasi wujud benda serta belum tersedia media pembelajaran yang variatif. Melihat karakteristik siswa autis pemilihan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa akan menunjang tercapainya tujuan belajar. Media visual dapat memberikan stimulus dan menarik siswa dalam belajar. Dalam penelitian ini mengembangkan media interaktif Rubah Pintar mengenal wujud benda. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengembangkan media powerpoint pembelajaran mengenal wujud benda pada siswa kelas IV Autis di SLB Autisme River Kids (2) Menghasilkan media pembelajaran interaktif yang layak digunakan untuk mengenal wujud benda kelas IV di SLB Autisme River Kids (3) Menguji Kelayakan media pembelajaran mengenal wujud benda pada siswa kelas IV Autis di SLB Autisme River Kids. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall dengan penyerderhanaan tahapan oleh Gooch. Tahapan pengembangan sebagai berikut (1) Penelitian dan pengumpulan data (2) Perencanaan (3) Pengembangan desain produk awal (4)Validasi produk awal (5) Revisi Produk Awal (6) Uji Coba Lapangan (7) Revisi Produk Akhir. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara observasi angket tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa angket terhadap keefekifan media Rubah Pintar mengenal wujud benda bagi siswa autis kelas IV. Analisis data menggunakan analisis validitas dan realibilitas. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa media Rubah Pintar mengenal wujud benda sangat valid digunakan. Skor akhir rata-rata dari validator memperoleh hasil 94% (sangat layak). Hasil penelitian sebelum menggunakan media Rubah Pintar menunjukkan rata-rata nilai pretest sebesar 63 dan posttest sebesar 98 sehingga media rubah pintar berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan mengenal wujud benda siswa autis kelas IV SLB Autisme River Kids. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan berdasarkan uji coba penggunaan media Rubah Pintar pada siswa autis kelas IV SLB Autisme River Kids dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal wujud benda. Saran penelitian ini adalah (1) media Rubah Pintar diharapkan lebih variatif sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan (2) untuk pemanfaatan subjek penelitian diharapkan lebih luas lagi tidak hanya ada di SLB Autisme River Kids tetapi untuk semua ABK dan sekolah lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Feb 2024 04:29
Last Modified: 15 Jan 2025 06:22
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/308523

Actions (login required)

View Item View Item