Savitri, Tania Hildayani Savitri (2022) Pengaruh teknik token ekonomi dalam mengurangi perilaku off task anak tunagrahita ringan kelas vi di slb idayu 1 malang / TANIA HILDAYANI SAVITRI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Off-task behavior adalah salah satu perilaku yang dapat mempengaruhi pembelajaran siswa di mana siswa melepaskan diri dari lingkungan belajar dan tugas-tugas untuk melakukan perilaku yang tidak berhubungan dengan pembelajaran (Baker 2007). Permasalahan perilaku belajar yang buruk berdampak bagi siswa tunagrahita ringan dan tentunya dapat sangat merugikan. Kerugian-kerugian siswa berperilaku di luar perilaku yang diharapkan dalam belajar menunjukkan bahwa perilaku tersebut perlu untuk segera diberikan intervensi. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan perilaku siswa tunagrahita ringan yang keluar dari konteks pembelajaran sebelum dilakukan intervensi. 2) Untuk mendeskripsikan pembelajaran siswa tunagrahita ringan menggunakan teknik token ekonomi. 3) Untuk mendeskripsikan perilaku belajar siswa tunagrahita ringan sesudah dilakukan intervensi. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan bentuk Single Subject Research (SSR) desain A-B-A. Teknik analisis data penelitian ini adalah teknik analisis visual yang meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Subjek penelitian menggunakan satu peserta didik tunagrahita ringan kelas VI di SLB Idayu 1 Malang. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan perilaku off-task pada subjek. Hal tersebut ditunjukkan pada jumlah mean level yang semakin berkurang di setiap tahap. Dimana pada tahap baseline-1 (A1) sejumlah 16 Intervensi (B) 5 dan baseline-2 (A2) dengan 3 66. Serta grafik kecenderungan arah yang semakin menurun pada baseline-1 ke tahap intervensi dan mendatar di tahap baseline-2 yang menunjukkan adanya kestabilan. Presentase overlap 0% mengindikasikan bahwa teknik token ekonomi memiliki dampak positif dalam mengurangi perilaku off-task anak tunagrahita ringan. Dimana intensitas perilaku keluar bangku tanpa alasan menjadi berkurang dan subjek bisa lebih fokus pada pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan agar modifikasi perilaku berupa teknik token ekonomi dapat digunakan untuk menekan dan mengurangi perilaku belajar yang tidak diinginkan karena mereka dapat diberikan segera setelah perilaku yang diharapkan terjadi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Nov 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/308503 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |