Analisis faktor citra merek (Studi pada pelanggan Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo di Malang) / Tri Ajeng Prihatiningrum

Prihatiningrum, Tri Ajeng (2010) Analisis faktor citra merek (Studi pada pelanggan Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo di Malang) / Tri Ajeng Prihatiningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: Faktor Citra Merek (Harga, Produk, Promosi dan Pelayanan) Sejak dahulu makanan menempati urutan teratas dalam pemenuhan kebutuhan manusia, sehingga masalah pangan dikategorikan kedalam kebutuhan primer atau kebutuhan pokok. Dengan alasan itu manusia dapat terus melangsungkan hidupnya. Kota Malang merupakan salah satu tujuan kota wisata dan pendidikan yang tidak luput dari perhatian produsen restoran untuk memasarkan produknya. Di Malang terdapat beberapa rumah makan yang menyajikan produk khas daerah, salah satunya yaitu rumah makan Ayam Bakar Wong Solo. Wong solo memiliki konsep memberikan kualitas layanan terbaik demi kepuasan konsumen dalam usahanya. Pada saat ini merek memiliki peranan yang sangat penting dalam pemasaran, merek bukan hanya dianggap sebagai sebuah nama, logo ataupun symbol. Lebih dari itu merek merupakan nilai yang ditawarkan sebuah produk bagi konsumen yang memakainya. Citra merek memiliki nilai posisi strategis dalam persaingannya yang tidak dapat diabaikan oleh perusahaan dalam rangka menarik minat konsumen untuk menggunakan produk yang ditawarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan faktor citra merek yang variabelnya terdiri dari harga (X1), produk (X2), promosi (X3), pelayanan (X4) dan untuk mengetahui faktor dominan dari citra merek (harga, produk, promosi dan pelayanan). Penelitian ini dilakukan di Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo di Malang. Menggunakan rumus dari Slovin, diperoleh sampel sebanyak 90 responden. Metode pengambilan sampel yang dipakai adalah accidental sampling. Penelitian ini menggunakan analisis statistic deskriptif dan analisis faktor. Hasil analisis deskriptif data menunjukkan bahwa faktor citra merek yang terdiri dari harga, produk, promosi dan pelayanan, rata-rata dinyatakan baik oleh pelanggan. Hasil penelitian analisis faktor 1 meliputi kecepatan pelayanan dalam melayani pelanggan dan dalam menyajikan menu hidangan, keramahan karyawan dalam melayani pelanggan dan dalam menyapa pelanggan, kesiapan karyawan dalam melayani pesanan dan dalam menyiapkan menu makanan, faktor 2 meliputi harga yang sesuai dengan penghasilan dan produk yang ditawarkan, lebih murah dari rumah makan lainnya, citra rasa yang tetap dipertahankan dari awal pendirian dan di setiap cabangnya, faktor 3 meliputi pemilihan bahan baku, variasi produk, menu paketan, banyaknya variasi produk yang ditawarkan, faktor 4 meliputi pemilihan pemilihan bahan utama, pemilihan bahan baku yang selalu fresh, produk halal, sertifikat halal, citra rasa yang sesuai dengan lidah orang Indonesia, faktor 5 meliputi iklan yang disiarkan melalui radio lokal, ketertarikan dari radio lokal, iklan dari Koran lokal, faktor 6 meliputi ketertarikan dari Koran lokal, brosur untuk menarik pelanggan, dan dari 6 faktor di atas faktor 1 merupakan faktor yang dominan. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini. Penulis memberikan saran agar sebaiknya perusahaan dalam hal ini Rumah makan Ayam Bakar Wong Solo selalu melakukan inovasi dan kreasi dalam menambah produk makanan dan minuman agar pelanggan dapat memilih menu makanan yang telah ditawarkan. Selain itu harga, promosi sebaiknya perlu ditingkatkan agar dapat bersaing dengan produk-produk yang ditawarkan rumah makan lain yang i ii?á ?á sejenis. Dari sisi pelayanan juga perlu ditingkatkan agat tetap dapat menyeimbangkan dari kualitas produk yang diberikan oleh Rumah Makan Ayam Bakar wong Solo di Malang. Diharapkan dengan terpenuhinya semua faktor citra merek (harga, produk, promosi dan pelayanan) menjadikan citra merek pada Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo di Malang dapat bersaing dengan perusahaan lainnya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30849

Actions (login required)

View Item View Item