Penggunaan metode balanced scorecard untuk mengukur kinerja perusahaan: studi kasus pada PT. Co-cola amatil Indonesia Surabaya periode 2001-2003 oleh Dhamayanti Liger - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan metode balanced scorecard untuk mengukur kinerja perusahaan: studi kasus pada PT. Co-cola amatil Indonesia Surabaya periode 2001-2003 oleh Dhamayanti Liger

Liger, Dhamayanti (2010) Penggunaan metode balanced scorecard untuk mengukur kinerja perusahaan: studi kasus pada PT. Co-cola amatil Indonesia Surabaya periode 2001-2003 oleh Dhamayanti Liger. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengukuran kinerja merupakan salatr satu faktor penting bagi perusahaan karenad apatd igrrnakanu ntuk menilai keberhasilanp erusahaand an dapatd igunakan sebagai dasar penyusunan perencanaan strategi perusahaan. Ket rbaasan dalaml pengukurank inerja secarat adisional yang hanya berfokus pada kinerja keuangan memunculkan suatu pendekatan bam yaitu Balanced Scorecard Baland Scnecard merupakan model banr sistem penilaian kinerja png meqiabarkan visi dan shategi ke dalam empat penpektif yang lebih menyeluruh. Adapun keempat persppektif tersebut adalah perspektif keuangan penpektif pelanggan penpektif prosesb isnis intemal sertap erspektifp embelaj aradna n pernrmbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja dari PT. Coca ola tunatil lndonesia-Surabaydae ngan menggunakanm etode Balanced Scorecard dan rmnrk mengetahui bagaimana metode Balanced Scoreurd dapat digunalan sebagai alat penyusunp erencanaans trategi perusahaans ekaligus sebagai mekanismek ortrol pihak manajemenP. enelitian ini dilakukan pada PT. Coca-ColaA matil Indonesia- Surabaya pada periode penelitian tahun 2001 2002 dan 2003. Metode penelitian yang digunakan adalah deslcriptif kuantitatif dengan pendektan studi kasus ftzse stuly) dn mcnggunakana lat analisisd atab erupat ime seriesa nolysis Tolok uhr yang digunakan adalah tolok ukur keuangan yang melip i ament ratio debt to equity ratio profit margin on sales ROI dan ROE. Sedangkan tolok ukur perspektif pelanggan meliputi growth rate in revenue sales retur dm costumer acquisition. Tolok ukur penpektif proses bisnis intemd melipai mantfacturing cycle efectiveness( MCE) yield rate persentasep rduk cacat dan persentasera sio biaya yang dikeluarkan untuk R D. Serta tolok ukur perspeltit pernbalajarand an perturnbuhanm eliputi employeet urnover employeep rductivity dan emp kry ee ab s enl eisnt Berdasar analisis yang telah dilakukan hasil penetitian ini mcnun ukkan bahwa kinerja PT. Coca4ola Amatil Surabaya yang ditinjau dari penpektif keuanganm enunjukkank inerja yang baik dimana dari kelima tolok ukur keuangan yang digunakarLy ang mengalamip erkembanganp ositif adalahc urrent ratio prc it margin on sales dan relunt on tunestmen yang pertumbuhannya mengalami peningkatanc ukup berarti. Hanya debt to equity rutio dan return on equrty (ROE/ saja yang mengelamip erkembangank urang baik namun hal tenebu tidak banyak berpengaruh pada kinerja keuangan. Kinerja perspektif pelanggan dilihat dari g ovth rate in revenue dur coshner acquisition manudukkan penunmdr sedangkans alesr etur mengalamip eningkatan h al ini menqiukkan perkembangan kinerja yang kurang baik. Dari perspektif proses bisnis inrcmal tolok ukur MCE mengplami penurunan namun kinerjanya masih dalam keadaan baik sedangkan yield rate mengalamip eninglatan dan hampir mendekati 1 sertap ersentasep rodrk cacat yang mengalami penurunan menu4jukkan perkenrbangan yang bailc Sedangkanra sio png dikeluarkan untuk R D tidak dapat diketahui berdasar kebijakan perusahaan. Sementara inr tolok ukur penpektif pet nbelajann dan pertnmbuhans elamat iga tahun teraldrir menunjukkank inerja yang baik hal tesebr ditunjuk an dari peningkatan employee prdulctivity dan penuntnan employe absenteism. Meskipun employee turnwer mengalami peningbtarr namrm peningkatannysaa ngatk eril. Berdasarkan pada pemberian score pada masing-masing penpektif dalam Balanced Scorecard menunjuklan total score 3 5 (pembulatan keatas 4) yang dapat diinterptetasikan bahwa kinerja perusahaan dalam 3 tahrm terakhir daliln keadaanb aik. Kemudiand ari hasil pengukunasne rtab erdas visi m isi tujuand an strotegi perusahaan digunakan untuk menyusun perencanaan stnategi. Dengnn pendekatan Balanced Scorecard strategr yang telah dirumuskan tenebut menghasilkanb eberapas asaf ans trategilq kemudian dapat ditentukan ukuran hasil dan ukuran pemacu kinerja serta taryet yang akan diwujudkan. Dan selanjutnya dirumuskank e dalam inisiaif strategi. PT. Coca-Cola Amatil Surabaya sebaiknya mulai mempertimbangkan penggunaan Balanced Scorecard sebagai sarana pengukuran kinerja dalam melaksanakanp roses perencanaas tratsgik perusahaanN. amtm semuan rat ersebut tentunya perlu dukungan dan komitnen yang baik dari selunrh komponen perusahaana gar sistem pengukuran kinerja dengan Balaraed orecard dapnll terlaksana dengan bailc Sedangkan dari hasil pengukuran kinerja PT Coca-Cola Amatil Surabaya perlu mernperbaiki kinerjanya khususnya pada kinerja perspektif pelanggan yang mengalami perkembangan yang kurang baih yaitu dmgan meningkatkanp enjualand an meningkatkank epuasanp elanggan.S elain itu evaluasi terhadap setiap tolok ukur kinerja dalarn Balanced Scorecard harus diperhatikan secara berkalq sesuai dengan perkembangan lingkungan bisnis serta perubahan strategi bisnis yang dilakukan oleh perusahaan. l1

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30824

Actions (login required)

View Item View Item