Pengaruh permainan bongkar pasang geometri terhadap kemampuan berpikir logis anak kelompok a di tk bhima putra / SHELA SALSABILA KUSUMO - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh permainan bongkar pasang geometri terhadap kemampuan berpikir logis anak kelompok a di tk bhima putra / SHELA SALSABILA KUSUMO

Kusumo, Shela Salsabila Kusumo (2024) Pengaruh permainan bongkar pasang geometri terhadap kemampuan berpikir logis anak kelompok a di tk bhima putra / SHELA SALSABILA KUSUMO. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berpikir secara logis merupakan suatu proses berpikir dengan menggunakan logika rasional dan masuk akal dimana anak mengumpulkan dan memahami informasi dengan mengelompokan membedakan memilih mengklasifikasikan menghitung dan mengenali pola. Permainan bongkar pasang geometri adalah permainan 2D yang dapat digunakan sebagai alat pembelajaran untuk menstimulasi aspek perkembangan anak salah satunya yakni kemampuan berpikir logis berupa papan yang terdapat bentuk-bentuk bongkar pasang geometri yang mencakup lingkaran segi empat persegi panjang segitiga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ada atau tiadaknya pengaruh permainan bongkar pasang geometri terhadap kemampuan berpikir logis anak kelompok A di TK Bhima Putra Malang. Hal ini ditinjau dari idikator-indikator dari kemampuan berpikir logis. Dalam penelitian ini dilakukan uji validitas media dan validitas materi sebagai bahan acuan apakah permainan bongkar pasang geometri layak untuk digunakan. Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif dengan jenis pre-eksperimental. Desain penelitian yaitu dengan tipe One Group Pretest-Posttest Design yaitu dengan memberi Pretest dan Posttest untuk membandingkan sebelum dan sesudah diberikan treatment. Subjek penelitian ini berjumlah 13 anak kelompok A dengan rentang usia 3-5 tahun yang selanjutnya anak akan diberikan penugasan menggunakan LKPD tanpa diberikan treatment dalam kegiatan pretset dengan maksud untuk melihat kemampuan awal berpikir logis anak setelahnya anak kelompok A akan diberikan kegiatan treatment sebanyak tiga kali dengan penggunaan permainan bongkar pasang geometri dan tahap terakhir yakni dilaksanakan kegiatan postest dimana anak akan diberikan penugasan berupa LKPD untuk melihat hasil akhir kemampuan berpikir logis anak kelompok A di TK Bhima Putra. Hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata yang diperoleh sebelum diberikan treatment permainan bongkar pasang geometri sebesar 40 77. Dari hasil analisis tersebut dapat dilihat bahwa perkembangan kemampuan berpikir logis anak kelompok A TK Bhima Putra masih rendah. Sedangkan nilai rata-rata yang diperolah dari kegiatan sesudah diberikan treatment sebesar 77 00 hasil tersebut menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan berpikir logis anak kelompok A di TK Bhima putra mengelami peningkatan. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 artinya Sig. (2-tailed) lt 0 05. Kesimpulannya adalah H0 ditolak dan Ha diterima. Terbukti bahwa terdapat pengaruh permainan bongkar pasang geometri terhadap kemampuan berpikir logis anak kelompok A di TK Bhima Putra.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/308120

Actions (login required)

View Item View Item