Chumairoh, Alfi Zakiyya Chumairoh (2023) Hubungan pola asuh orang tua dan hasil belajar anak usia 5-6 tahun pada masa pembelajaran daring di tk al fadholi kota malang / Alfi Zakiyya Chumairoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Terhitung sejak akhir tahun 2019 dunia telah dilanda pandemi Corona Virus Disease 19 atau yang biasa dikenal dengan Covid-19. Menindak lanjuti kebijakan pemerintah di atas maka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia memerintahkan pelaksanaan pembelajaran di masa darurat Covid-19 dilakukan secara daring (dalam jaringan) atau dengan melakukan pembelajaran jarak jauh. Orang tua memiliki pengaruh yang cukup besar dan hasil belajar anak di masa pandemi Covid-19 di mana seluruh pembelajaran dilaksanakan secara daring dari rumah. Pembelajaran daring membuat intensitas pertemuan anak dan orang tua meningkat sehingga hampir 24 jam anak akan bertemu diasuh dan mendapatkan didikan dari orang tua. Jenis gaya pengasuhan yang diterapkan juga akan mempengaruhi bagaimana kondisi anak dan lingkungannya ketika pembelajaran secara daring berlangsung.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui jenis pola asuh yang diterapkan oleh orang tua hasil belajar anak selama masa pandemi dan hubungan antara pola asuh orang tua dan hasil belajar anak usia 5-6 tahun selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi terdiri dari 69 anak berusia 5-6 tahun di TK AL Fadholi Kota Malang. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh anak dipilih sebagai sampel.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa koefisien korelasi sebesar 0 276 temuan sehingga dapat disimpulkan adanya hubungan antara variabel pola asuh orang tua dengan variabel hasil belajar anak secara keseluruhan. Dengan kata lain hasil belajar anak usia 5-6 tahun di TK Al Fadholi Kota Malang tidak banyak berpengaruh terhadap pola asuh orang tua. Selanjutnya terdapat hasil signifikan (sig) sebesar 0 022 antara variabel pola asuh orang tua dengan variabel hasil belajar anak secara keseluruhan. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat cukup signifikan hubungan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar anak usia 5-6 tahun di TK Al Fadholi Kota Malang. Dari 69 orang tua anak usia 5-6 tahun 14 orang (sekitar 20%) menggunakan pola asuh otoriter 42 orang (sekitar 61%) menggunakan pola asuh suportif 12 orang (sekitar 17%) menggunakan pola asuh permisif dan 1 orang (sekitar 1%) menggunakan pola asuh univolved (tidak peduli). Berdasarkan penjabaran diatas dapat disimpulkan bahwa selama masa pembelajaran daring di TK Al Fadholi Kota Malang hasil belajar anak usia 5-6 tahun berkolerasi signifikan dengan pola asuh orang tua yang secara keseluruhan bersifat otoriter suportif permisif dan univolved (tidak terlibat).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 May 2023 04:29 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 02:04 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/308091 |
Actions (login required)
View Item |