Fitriani, Fathiyah Muthi'ah (2023) Analisis pengetahuan mahasiswa pgpaud universitas negeri malang terkait kurikulum merdeka jenjang paud / Fathiyah Muthi'ah Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang baru dirilis pada bulan Februari tahun 2022 lalu di mana kurikulum ini menjadi perubahan yang terjadi dalam proses pembelajaran bagi lembaga pendidikan termasuk lembaga PAUD. Adanya pernyataan tersebut maka mahasiswa jurusan PGPAUD harus mempelajari pembaharuan dari hadirnya kurikulum baru tersebut agar dapat menyiapkan diri sebagai calon pendidik di masa yang akan datang. Hal ini dikarenakan kurikulum adalah seperangkat rencana yang digunakan lembaga pendidikan dalam mengimplementasikan pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pengetahuan mahasiswa jurusan PGPAUD khususnya di UM dalam mengetahui pengertian tujuan dan manfaat karakteristik ketentuan RPP manfaat sumber belajar ketentuan asesmen dan implementasi pembelajaran sesuai Kurikulum Merdeka PAUD. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data populasi yang diperoleh peneliti ada 386 mahasiswa yang aktif pada semester 1 hingga 7 baik dari angkatan 2020 2021 2022 hingga angkatan 2023. Namun sampel yang diambil adalah mahasiswa PGPAUD UM yang sudah mengambil mata kuliah kajian kurikulum pada semester sebelumnya yakni mahasiswa angkatan 2020 dengan jumlah 102 orang. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik kuesioner menggunakan perangkat lunak google form yang disebarkan kepada 102 mahasiswa tersebut. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti setelah melakukan pengolahan data menggunakan perangkat lunak microsoft excel adalah sebagai berikut (1) pengertian (72%) (2) tujuan dan manfaat (62%) (3) karakteristik (42%) (4) ketentuan RPP (56%) (5) manfaat sumber belajar (68%) (6) ketentuan asesmen (82%) (7) implementasi pembelajaran (25%). Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa mahasiswa angkatan 2020 memiliki tingkat pengetahuan dengan kategori cukup dalam mengetahui Kurikulum Merdeka secara keseluruhan. Ini dikarenakan perolehan nilai rata-rata dari keseluruhan materi memiliki angka persentase sebesar 58% ( gt 55%) sehingga dapat dikatakan bahwa mahasiswa jurusan PGPAUD UM angkatan 2020 sudah cukup mengetahui terkait Kurikulum Merdeka jenjang PAUD meskipun pada variabel karakteristik dan implementasi proses pembelajaran sesuai Kurikulum Merdeka mahasiswa memiliki tingkat pengetahuan yang kurang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 04:29 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 07:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/308048 |
Actions (login required)
View Item |