Fauziyah, Erlina (2023) Penggunaan media pohon hijaiyah geometri untuk meningkatkan kemampuan membaca aksara arab pada anak kelompok a di tkm nu 142 irsyadul ummah manyar gresik / Erlina Fauziyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Mempelajari aksara arab atau huruf hijaiyah pada anak merupakan tahap dasar untuk mengajarkan anak pada pendidikan Al-Qur rsquo an. Aksara arab atau huruf hijaiyah merupakan kunci dasar dalam membaca Al-Qur an fungsinya sebagai ejaan untuk menulis kata atau kalimat dalam Al-Qur rsquo an. Permasalahan yang terjadi anak masih kessulitan menyebutkan dan membedakan huruf hijiayah yang memiliki kemiripan dalam bentuk simbol maupun pengucapannya. Indikator yang digunakan untuk mengukur keaksaraan arab pada anak adalah mampu menunjukkan bentuk huruf hijaiyah mampu menyebutkan huruf hijaiyah mampu menyebutkan huruf yang bersakal atau berharakat dan mampu mengelompokkan huruf yang sama harakatnya. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan membaca aksara arab anak kelompok A melalui media pohon hijaiyah geometri dan mampu mengenalkan aksara arab dengan menggunakan media pohon hijaiyah geometri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Class Action Research atau penelitian tindakan kelas dan penelitian ini dilaksanakan di kelas kelompok A TKM NU 142 Irsyadul Ummah Manyar Gresik yang berjumlah 20 anak. Rancangan dalam penelitian ini yaitu 1) tahap perencanaan 2) tahap pelaksanaan 3) tahap pengamatan dan 4) tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunaakn berupa lembar observasi lembar wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan skala pengukuran rating scale. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I sebesar 66 25 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 40% dan siklus II sebesar 88 75 dengan persentase ketercapaian kelas 100%. Disimpulkan bahwa terjadi peningkatan terhadap kemampuan membaca keaksaraan arab pada anak kelompok A di TKM NU 142 Irsyadul Ummah Manyar Gresik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 04:29 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 01:24 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/308047 |
Actions (login required)
View Item |