Kana, Nona Ayu Putri Kana (2023) Pengasuhan orang tua murid penyandang tunawicara pada anak usia 4 tahun dalam aspek perkembangan berbahasa (studi kasus di desa cendoro kabupaten tuban) / Nona Ayu Putri Kana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Bahasa merupakan satu dari berbagai sarana yang dimanfaatkan manusia dalam proses berkomunikasi. Kenyataannya tidak semua individu di dunia ini lahir dengan kondisi kehidupan yang normal. Sejak awal kelahiran sebagian manusia mungkin menghadapi keterbatasan baik dalam bentuk cacat fisik yang hadir sejak lahir maupun ketidaknormalan yang muncul selama masa pertumbuhan. Kondisi ketidaksempurnaan ini dapat menjadi tantangan yang signifikan khususnya pada orang tua yang merawat dan mendidik anaknya. Tujuan dari penelitian ini diharapkan mencakup hal-hal berikut 1) Menguraikan gambaran umum pengasuhan 2) Mengidentifikasi faktor penghambat pengasuhan 3) Mengidentifikasi faktor pendukung pengasuhan 4) Mendeskripsikan hasil pengasuhan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif studi kasus dan teknik analisis data menggunakan Miles and Huberman. Observasi wawancara dan dokumentasi digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Reduksi data penyajian data kesimpulan dan verifikasi langkah terakhir dipilih dalam penelitian kualitatif studi kasus ini sebagai metode analisis data. Hasil gambaran umum pengasuhan orang tua murid penyandang tunawicara pada anak usia 4 tahun dalam aspek perkembangan berbahasa di Desa Cendoro Kabupaten yaitu terdapat sejumlah usaha yang orang tua murid penyandang tunawicara yang selalu memperhatikan perkembangan bahasa anaknya dibuktikan dari interaksi yang baik dari orang tua dan anaknya. Faktor penghambat pengasuhan yaitu keterbatasan komunikasi verbal kurangnya akses terhadap terapi atau bimbingan khusus dan kurangnya pemahaman tentang strategi pengasuhan yang efektif. Orang tua murid penyandang tunawicara tetap peduli dan berkomitmen akan mencari cara untuk mengatasi tantangan tersebut baik dengan menggunakan metode komunikasi alternatif atau mendapatkan bantuan dari lingkungan sekitar. Faktor pendukung pengasuhan yaitu penggunaan metode komunikasi alternatif lingkungan yang kaya akan bahasa terjalin hubungan yang harmonis dalam keluarga dan media sosial dengan faktor pendukung tersebut orang tua murid penyandang tunawicara bisa mendukung anak dalam pada perkembangan berbahasa meraka. Hasil pengasuhan yaitu perkembangan keterampilan komunikasi peningkatan kosa kata dan penggunaan bahasa serta partisipasi aktif dalam aktivitas berbahasa. Orang tua murid penyandang tunawicara yang terlibat secara aktif dalam pengasuhan menyediakan stimulus yang tepat dan mendukung perkembangan berbahasa anak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/308046 |
Actions (login required)
View Item |