Pelaksanaan parenting foundation class “mewarnai” sebagai sarana membangun secure attachment orang tua dan anak di tk dharma wanita sumberbendo kecamatan pare kabupaten kediri / Dita Dwi Nursyafitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan parenting foundation class “mewarnai” sebagai sarana membangun secure attachment orang tua dan anak di tk dharma wanita sumberbendo kecamatan pare kabupaten kediri / Dita Dwi Nursyafitri

Nursyafitri, Dita Dwi Nursyafitri (2023) Pelaksanaan parenting foundation class “mewarnai” sebagai sarana membangun secure attachment orang tua dan anak di tk dharma wanita sumberbendo kecamatan pare kabupaten kediri / Dita Dwi Nursyafitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu lembaga yang menerapkan program parenting yaitu TK Dharma Wanita Sumberbendo Pare dengan bentuk Foundation Class ldquo Mewarnai rdquo . Dengan kelas mewarnai ini lembaga berusaha memfasilitasi orang tua dan anak untuk mengasah bakat dan minat di bidang seni khususnya ldquo Mewarnai rdquo Selain terbilang unik program ini juga diharapkan dapat membangun bonding atau secure attachment antara orang tua dan anak serta sekolah dapat mengimplementasikan program pelibatan orang tua dalam proses pembelajaran dan stimulasi tumbuh kembang anak. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu kualitatif tujuan penelitian ini yaitu mengetahui gambaran umum pelaksanaan program Parenting Foundation Class ldquo Mewarnai rdquo faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaanya serta dampak dari pelaksanaannya terhadap secure attachment atau kelekatan aman antara ibu dan anak. Hasilnya pelaksanaan program parenting foundation class mewarnai di lembaga tersebut dilaksanakan pada 3 bulan awal setiap semester pada hari jum rsquo at diikuti oleh orang tua dan anak yang saling bekerjasama menyelesaikan pewarnaan gambar. Faktor yang menjadi pendukung yaitu pemateri yang kompeten dan fasilitas lembaga yang memadai sedangkan faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaannya yaitu orang tua memiliki kesibukan dihari pelaksanaan dan anak yang telah menyelesaikan proses mewarnai menjadi pengganggu bagi anak yang belum selesai. Sebagai hasil dari pelaksanaan kegiatan orang tua dan anak menjadi lebih dekat karena ada kerjasama dan komunikasi saat mewarnai dengan kedekatan yang terjalin anak merasa aman nyaman dan percaya diri karena memiliki figur lekat yang dapat melindungi saat mengeksplorasi lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Nov 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/308037

Actions (login required)

View Item View Item