Peningkatan kemampuan keaksaraan reseptif melalui penggunaan media papan pintar baca pada anak kelompok b tk dharma wanita persatuan malangsuko kecamatan tumpang kabupaten malang / ANY TRILESTARI - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan keaksaraan reseptif melalui penggunaan media papan pintar baca pada anak kelompok b tk dharma wanita persatuan malangsuko kecamatan tumpang kabupaten malang / ANY TRILESTARI

Any Trilestari (2022) Peningkatan kemampuan keaksaraan reseptif melalui penggunaan media papan pintar baca pada anak kelompok b tk dharma wanita persatuan malangsuko kecamatan tumpang kabupaten malang / ANY TRILESTARI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini didasari oleh permasalahan rendahnya kemampuan keaksaraan reseptif anak kelompok B2 di TK Dharma Wanita Persatuan Malangsuko Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Hal ini disebabkan karena terbatasnya media pembelajaran dalam menstimulasi kemampuan keaksaraan reseptif anak. Pembelajaran keaksaraan reseptif yang dilaksanakan di sekolah cenderung menggunakan media papan tulis lembar kerja buku tulis dan majalah sehingga membuat anak bosan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas pembelajaran dan peningkatan kemampuan keaksaraan reseptif anak Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Malangsuko Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B2 di TK Dharma Wanita Persatuan Malangsuko Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi dengan instrumen berupa lembar observasi catatan lapangan lembar wawancara foto proses pembelajaran dan RPPH. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis naratif untuk data kualitatif dan teknik analisis statistik deskriptif untuk data kuantitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan hasil kualitas pembelajaran mengalami peningkatan mencapai 85 7 % dan kemampuan keaksaraan reseptif anak mencapai 89 3 %. Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media papan pintar baca dalam kegiatan pembelajaran sangat penting peranannya dalam mendukung keberhasilan pembelajaran karena menghasilkan persentase ketercapaian kelas lebih dari 75 %. Guru disarankan menggunakan media papan pintar baca sebagai media alternatif meningkatkan kemampuan keaksaraan reseptif anak. Saran bagi sekolah diharapkan dapat memperhatikan kreativitas guru dalam penggunaan media untuk meningkatkan hasil belajar anak dalam pembelajaran keaksaraan reseptif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/308034

Actions (login required)

View Item View Item