Aldynata, Deva (2015) Pengembangan modul berbasis komik pada pembelajaran menulis anekdot untuk siswa kelas X SMA/SMK. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar modul berbasis komik untuk pembelajaran menulis anekdot. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model prosedural Borg & Gall dengan modifikasi. Tujuan khusus penelitain pengembangan ini adalah mengembangkan modul berbasis komik untuk pembelajaran menulis anekdot yang (1) valid, (2) menarik, (3) efektif. Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa kelayakan produk yang setelah dilakukan uji validasi ahli, praktisi, dan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Desain penelitian ini mengadaptasi desain penelitian pengembangan Borg dan Gall (1983). Adaptasi dilakukan menjadi delapan tahap, yaitu (1) tahap analisis kebutuhan, (2) studi pendahuluan, (3) perancangan produk awal, (4) uji validasi, (5) uji lapangan, (6) revisi tahap awal, (7) uji coba terbatas, dan (8) revisi produk akhir. Wujud data penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa tuturan hasil wawancara dengan guru bahasa Indonesia, catatan komentar dan saran perbaikan dari ahli bahan ajar, ahli pembelajaran bahasa Indonesia, praktisi, dan siswa. Data kuantitatif berupa skor angket yang diperoleh dari ahli bahan ajar, ahli pembelajaran bahasa Indonesia, praktisi, dan siswa serta skor siswa dalam mengerjakan tugas. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi pedoman wawancara dan angket penilaian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 00:33 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 00:33 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3079 |
Actions (login required)
View Item |