Developing interactive supplementary reading materials for the tenth-grade nursing department students of SMKN 2 Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing interactive supplementary reading materials for the tenth-grade nursing department students of SMKN 2 Malang

Abdillah, Rania Nur (2021) Developing interactive supplementary reading materials for the tenth-grade nursing department students of SMKN 2 Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah sekolah yang bertujuan untuk membekali siswa dengan kemampuan yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Intisari dari program studi ini berfokus pada mengembangkan pengetahuan dan kemampuan siswa pada suatu bidang pekerjaan tertentu. Oleh karena itu, dalam pembelajaran Bahasa Inggris, siswa SMK membutuhkan English for Specific Purposes (ESP) yang berkaitan dengan bidang siswa. Sementara itu, di SMKN 2 Malang, buku teks yang digunakan oleh siswa adalah buku teks Bahasa Inggris umum. Oleh karena itu, dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan ESP siswa, penelitian ini mencoba untuk mengembangkan buku pelengkap untuk pembelajaran reading yang cocok untuk digunakan oleh siswa kelas 10 jurusan keperawatan. Penelitian ini mengadaptasi prosedur penelitian dan pengembangan oleh Borg dan Gall (2003), yaitu (1) analisis kebutuhan siswa, (2) pengembangan produk, (3) validasi produk, (4) perbaikan produk pertama, (5) Uji coba produk, dan (6) perbaikan produk kedua. Penelitian ini merangkum tiga tahap uji lapangan pada Borg dan Gall (2003) menjadi satu tahap uji coba produk dan menambah satu langkah validasi produk oleh para ahli untuk memastikan kualitas produk. Konten dari produk ini dikembangkan berdasarkan kompetensi dasar mata pelajaran Bahasa Inggris dan mata pelajaran kejuruan kelas 10 jurusan keperawatan. Pada proses pengembangan produk, penelitian ini melibatkan Guru Bahasa Inggris SMKN 2 Malang, ahli media pembelajaran, dan siswa kelas 10 jurusan keperawatan. Produk dari penelitian ini adalah modul interaktif yang dapat digunakan siswa untuk belajar membaca secara mandiri oleh siswa kelas 10 jurusan keperawatan. Setelah mencoba mengoperasikan produk, mayoritas siswa kelas 10 jurusan keperawatan di SMKN 2 Malang setuju bahwa produk dari penelitian ini sesuai untuk digunakan oleh siswa kelas 10 jurusan keperawatan. Para siswa juga setuju bahwa produk dari penelitian ini mudah untuk digunakan, menarik, dan berguna untuk membantu siswa belajar bahasa Inggris, terutama dalam pembelajaran membaca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 26 Jul 2023 00:24
Last Modified: 26 Jul 2023 00:24
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3076

Actions (login required)

View Item View Item