Pengembangan media virtual laboratory dengan penguatan karakter mandiri materi energi dan perubahannya siswa sekolah dasar / Dhike Softa Permata Nugraha - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media virtual laboratory dengan penguatan karakter mandiri materi energi dan perubahannya siswa sekolah dasar / Dhike Softa Permata Nugraha

Nugraha, Dhike Softa Permata Nugraha (2024) Pengembangan media virtual laboratory dengan penguatan karakter mandiri materi energi dan perubahannya siswa sekolah dasar / Dhike Softa Permata Nugraha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Diera digital seperti sekarang semakin mudahnya akses teknologi hingga mengarah ke bidang pendidikan dan informasi pendidikan yang melimpah salah satunya memfasilitasi pemahaman konsep abstrak materi IPA. Adanya kebutuhan guru berupa media pembelajaran yang bersifat digital untuk membantu kesiapan siswa menghadapi pembelajaran modern yang mandiri.Penelitian dan pengembangan bertujuan menghasilkan media virtual laboratory materi energi dan perubahannya pada siswa kelas 3 sekolah dasar secara valid berdasarkan ahli materi ahli media dan pengguna (guru) praktis bagi siswa dan untuk penguatan kemandirian siswa. Metode yang digunakan adalah research and development (R amp D). Model yang digunakan yaitu Borg and Gall. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif dengan sumber data primer. Instrumen pengumpul data menggunakan observasi wawancara angket serta dokumentasi. Hasil dari penelitian dan pengembangan berupa validasi dari ahli materi sebesar 100% ahli media 94 4% dan pengguna (guru) 100% dengan kategori sangat valid. Angket respon bertujuan mengetahui kepraktisan media dengan hasil dari uji coba produk kelompok kecil sebesar 95 8% serta uji coba pemakaian kelompok besar mendapat 100% kategori media sangat praktis digunakan untuk pembelajaran. Angket respon siswa untuk mengetahui penguatan karakter mandiri uji coba produk kelompok kecil sebesar 94 4% serta uji coba pemakaian kelompok besar sebesar 98 6% memiliki kategori sangat mandiri sehingga media dapat meningkatkan penguatan karakter mandiri siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/307521

Actions (login required)

View Item View Item