Rohmah, Adinda Syofiatur Rohmah (2024) Pengaruh teknik cross-line berbasis realistic mathematics education terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa kelas iii di min 2 malang / Adinda Syofiatur Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan berhitung merupakan kemampuan dasar yang diajarkan di tingkat sekolah dasar. Kemampuan ini perlu dikuasai oleh siswa karena sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-harinya untuk menunjang keperluan komputasi. Pada kenyataannya banyak siswa masih kesulitan untuk melakukan perhitungan masalah ini ditemukan pada siswa kelas III di MIN 2 Malang. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru didapati bahwa pembelajaran matematika materi perkalian dilaksanakan secara konvensional menggunakan metode ceramah dan menekankan pada siswa untuk menghafalkan perkalian menggunakan teknik bersusun untuk menyelesaikan persoalan perkalian. Rata-rata nilai yang diperoleh siswa pada materi perkalian di kelas III B sebesar 43 35 dan kelas III C sebesar 67 91 perolehan nilai tersebut di bawah kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan oleh sekolah yakni 70. Oleh karena itu dibutuhkan teknik hitung cross-line yang dapat membantu siswa untuk menyelesaikan perkalian tanpa harus menghafalkan perkalian serta model pembelajaran realistic mathematics education yang dapat membantu siswa untuk memahami konsep perkalian sesuai dengan tahap perkembangan kognitifnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan nilai rata-rata antara siswa di kelas eksperimen yang menggunakan teknik cross-line dengan siswa di kelas kontrol yang menggunakan teknik lattice serta ada tidaknya pengaruh yang diberikan oleh teknik cross-line terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa di kelas III MIN 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen dan desain Control Group Non Equivalent. Data diperoleh melalui observasi wawancara serta pre-test dan post-test. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t dan analisis regresi linier sederhana. Hasil yang diperoleh adalah terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berhitung perkaian siswa di kelas eksperimen dengan kelas kontrol berdasarkan hasil uji t rsquo sebesar 0 002. Rata-rata post-test di kelas eksperimen sebesar 73 19 dan kelas Kontrol sebesar 54 85. Teknik cross-line berpengaruh terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa berdasarkan hasil uji analisis regresi linier sederhana dengan nilai p 0 006. Pengaruh yang diberikan oleh variabel X terhadap variabel Y sebesar 33 5% dan pengaruh lainnya disebabkan oleh variabel yang tidak terdapat dalam penelitian ini. berdasarkan temuan penelitian saran yang dapat diajukan (1) bagi guru untuk menggunakan teknik cross-line karena langkah-langkah perhitungannya lebih mudah serta sesuai dengan tahap perkembangan kognitif siswa (2) bagi sekolah untuk memberikan motivasi kepada guru untuk mengimplementasikan teknik cross-line dalam pembelajaran demi meningkatkan kualitas pembelajaran (3) bagi peneliti selanjutnya untuk menambahkan variabel lain seperti penggunaan media cara penyampaian guru kemampuan berpikir kritis kemampuan literasi numerasi dll.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/307513 |
Actions (login required)
View Item |