Implikasi strategi kepala sekolah terhadap kinerja guru di sdn kasin kota malang / Nadilla Luthfi Kurniasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Implikasi strategi kepala sekolah terhadap kinerja guru di sdn kasin kota malang / Nadilla Luthfi Kurniasari

Kurniasari, Nadilla Luthfi Kurniasari (2024) Implikasi strategi kepala sekolah terhadap kinerja guru di sdn kasin kota malang / Nadilla Luthfi Kurniasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kualitas pendidikan dapat ditentukan oleh kualitas keterlibatan manusia yang ada di satuan pendidikan. Guru merupakan salah satu yang terlibat dalam proses pendidikan. Kinerja guru yang baik juga perlu dukungan salah satunya yaitu keterlibatan kepala sekolah. Adanya strategi kepemimpinan kepala sekolah yang baik di SDN Kasin Kota Malang yang termasuk sekolah dengan akreditasi tinggi. Kepala sekolah memiliki pengaruh sangat besar dalam menentukan kemajuan sekolah. Kepala sekolah yang memiliki sikap kepemimpinan yang tinggi dalam menjalankan tugas dan kewajibannya maka akan berpengaruh terhadap kinerja guru dan warga sekolah lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru (2) Mendeskripsikan kinerja guru (5) Mendeskripsikan faktor pendukung serta faktor penghambat dalam menerapkan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDN Kasin Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah SDN Kasin Kota Malang memiliki strategi dalam memimpin guna meningkatkan kinerja guru. Pertama dimulai dengan adanya perumusan visi dan misi sekolah guna memberikan arah dan acuan untuk mencapai tujuan. Kepala sekolah SDN Kasin Kota Malang dalam merumuskan visi dan misi tentunya juga melibatkan semua guru dan komite sekolah. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dengan membentuk kelompok-kelompok belajar memberikan motivasi mengikutsertakan guru dalam kegiatan seminar dan pelatihan melakukan pembinaan dan pengawasan kinerja guru. Penerapan strategi telah berjalan sesuai dengan visi misi dan tujuan sekolah. Maka dari itu strategi yang diterapkan kepala sekolah mampu meningkatkan kinerja guru. Guru di SDN Kasin Kota Malang juga memiliki kinerja baik dalam mengajar dimulai dari persiapan rancangan pembelajaran hingga penilaian untuk siswa guru selalu mengikuti kegiatan yang menunjang kompetensinya selain itu juga memiliki hubungan yang baik dengan antar guru maupun kepala sekolah. Adanya faktor penghambat yang dihadapi ketika penerapan strategi tidak menjadi penghalang. Kepala sekolah memiliki solusi untuk menangani hambatan yang muncul. Menciptakan komunikasi yang baik menjadi fondasi untuk menangani hambatan. Sehingga strategi yang diterapkan tetap berjalan dan mampu meningkatkan kinerja guru di sekolah. Strategi yang diterapkan kepala sekolah berdampak baik dan menghasilkan perubahan serta mampu mengembangkan kemampuan guru proses pembelajaran juga bisa berjalan dengan optimal. Hal tersebut dibuktikan oleh adanya kinerja guru dalam proses pembelajaran yang kompeten. Disarankan bagi kepala sekolah hendaknya memperkuat strategi dan gaya kepemimpinannya untuk mengelola sekolah yang dipimpinnya. Kepala sekolah senantiasa mempertahankan secara konsisten untuk memberikan motivasi dan kesempatan untuk mengembangkan kompetensi guru. Bagi guru hendaknya senantiasa untuk meningkatkan motivasi dari dalam diri untuk terus berprestasi sehingga menghasilkan kinerja yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/307492

Actions (login required)

View Item View Item