Pengembangan e-modul dengan penguatan karakter mandiri pada materi karakteristik geografis indonesia kelas v sekolah dasar / Rosita Rustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul dengan penguatan karakter mandiri pada materi karakteristik geografis indonesia kelas v sekolah dasar / Rosita Rustin

Rustin, Rosita Rustin (2024) Pengembangan e-modul dengan penguatan karakter mandiri pada materi karakteristik geografis indonesia kelas v sekolah dasar / Rosita Rustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurangnya variasi bahan ajar yang inovatif dalam proses pembelajaran menjadi masalah yang cukup serius karena menyebabkan siswa cenderung bosan pasif dan kurang fokus dalam memahami materi. Akibatnya hasil belajar siswa khususnya materi karakteristik geografis Indonesia menjadi rendah dan kemandirian dalam belajar juga kurang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar e-modul dengan penguatan karakter mandiri pada materi karakteristik geografis Indonesia kelas V sekolah dasar yang valid praktis dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Produk e-modul juga diharapkan mampu menguatkan karakter mandiri siswa. Uji kevalidan dilakukan oleh ahli materi ahli bahan ajar dan guru mendapatkan hasil nilai persentase rata-rata sebesar 95 14%. Uji kepraktisan dilakukan oleh pengguna yaitu guru dan siswa mendapatkan hasil nilai persentase rata-rata sebesar 94 04%. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0 00 lt 0 05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan e-modul. Produk e-modul memberikan efek yang tinggi terhadap peningkatan hasil belajar siswa dengan hasil effect size pada uji coba skala kecil sebesar 3 84 dan uji coba skala besar sebesar 5 73. Selain itu hasil angket kemandirian menunjukkan bahwa e-modul mampu menguatkan karakter mandiri siswa menjadi sangat kuat dengan nilai persentase uji coba skala kecil 83 33% dan uji coba skala besar 89 33%. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa produk e-modul layak praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Penggunaan e-modul dalam proses pembelajaran IPS dapat berdampak positif terhadap hasil belajar dan penguatan karakter mandiri siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/307471

Actions (login required)

View Item View Item