Kesiapan guru kelas v pada pelaksanaan asesmen kompetensi minimum (akm) di kecamatan sananwetan kota blitar / Novita Nur Aini - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesiapan guru kelas v pada pelaksanaan asesmen kompetensi minimum (akm) di kecamatan sananwetan kota blitar / Novita Nur Aini

Aini, Novita Nur Aini (2024) Kesiapan guru kelas v pada pelaksanaan asesmen kompetensi minimum (akm) di kecamatan sananwetan kota blitar / Novita Nur Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

AKM mengukur kompetensi minimal dari unsur personil maupun kelembagaan. Kompetensi para personil di lembaga pendidikan secara akademis maupun teknis pada dasarnya berkaitan dengan substansi isi AKM. Salah satu faktor utama keberhasilan pelaksanaan AKM adalah kesiapan guru. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh informasi secara mendalam terkait kesiapan guru kelas V pada pelaksanaan AKM. Kesiapan guru kelas V perlu ditinjau dan dikaji lebih lanjut sebagai acuan ke depannya karena perbaikan mutu lulusan salah satunya juga dipengaruhi oleh kompetensi guru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sekolah yang dijadikan sebagai tempat penelitian mencakup UPT Satuan Pendidikan SDN Gedog 1 UPT Satuan Pendidikan SDN Sananwetan 3 dan UPT Satuan Pendidikan SDN Klampok. Teknik pengumpulan datanya yaitu wawancara kepada guru kelas V dan kepala sekolah dari tiga sekolah dasar observasi dan dokumentasi terkait aktivitas yang dilakukan guru kelas V pada pelaksanaan AKM. Penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan sumber dengan model analisis data Miles amp Huberman (1992). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan guru pada pelaksanaan AKM mencakup kesiapan dari segi informasi kesiapan dalam pembelajaran dan kesiapan pemanfaatan infrastruktur penunjang AKM. Selain itu terdapat faktor internal dan faktor eksternal yang memengaruhi kesiapan guru pada pelaksanaan AKM ini. Faktor internalnya adalah kemampuan guru dan kemampuan siswa yang berbeda-beda. Sedangkan faktor eksternalnya adalah pada sarana dan prasarana baik jaringan internet listrik hingga chromebook lingkungan sekolah serta informasi dari operator dinas pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Apr 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/307443

Actions (login required)

View Item View Item