Analisis kepatuhan siswa pada regulasi sekolah di sdn sumbersari 2 kota malang / Aura Tun \' Nisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kepatuhan siswa pada regulasi sekolah di sdn sumbersari 2 kota malang / Aura Tun \' Nisa

Nisa, Aura Tun ' Nisa (2024) Analisis kepatuhan siswa pada regulasi sekolah di sdn sumbersari 2 kota malang / Aura Tun \' Nisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kepatuhan siswa merupakan aspek yang penting untuk menciptakan suasana belajar yang aman kondusif dan efektif. Suasana belajar yang tertib dan kondusif bisa meningkatkan fokus siswa dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan adanya regulasi sekolah untuk menciptakan ketertiban dan keamanan bagi warga sekolah. Regulasi sekolah yang telah dibuat dan disepakati seharusnya bisa dipatuhi oleh seluruh warga sekolah tidak terkecuali siswa sebagai warga sekolah di lingkungan pendidikan dan pembelajaran. Oleh karena itu seharusnya regulasi yang dibuat oleh sekolah juga dipatuhi oleh siswa untuk mencapai tujuan dari pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan regulasi yang ada di SDN Sumbersari 2 Kota Malang mengetahui kepatuhan siswa terhadap regulasi di SDN Sumbersari 2 serta untuk mendeskripsikan lebih lanjut mengenai faktor yang menentukan kepatuhan dan ketidakpatuhan siswa terhadap regulasi di SDN Sumbersari 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara secara mendalam terhadap 10 subjek siswa yang diteliti dan observasi kepatuhan siswa terhadap regulasi yang berlaku serta dokumentasi regulasi sekolah. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan snowball sampling dengan hasil dari wawancara oleh wali kelas mengenai siswa yang patuh dan tidak patuh terhadap regulasi ditemukan 10 subjek siswa yang diteliti. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian siswa yang diteliti tidak patuh terhadap regulasi dan sebagian lainnya patuh terhadap regulasi yang berlaku. Faktor yang menentukan kepatuhan dan ketidakpatuhan siswa terhadap regulasi berasal dari faktor internal dan eksternal siswa. Faktor internal berasal dari kematangan siswa dalam berpikir dan kesadaran diri siswa dan faktor ekstenalnya yaitu berasal dari lingkungan pertemanan lingkungan keluarga dan partisipasi siswa dalam pembuatan regulasi serta ketegasan guru dalam memberikan hukuman kepada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 May 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/307437

Actions (login required)

View Item View Item