Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5e berbantuan media benda konkret terhadap hasil belajar ipa dan keterampilan berkomunikasi siswa kelas v sd / Yunita Indraswari Santoso - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5e berbantuan media benda konkret terhadap hasil belajar ipa dan keterampilan berkomunikasi siswa kelas v sd / Yunita Indraswari Santoso

Santoso, Yunita Indraswari Santoso (2024) Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5e berbantuan media benda konkret terhadap hasil belajar ipa dan keterampilan berkomunikasi siswa kelas v sd / Yunita Indraswari Santoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran yang berkualitas akan menciptakan sebuah hasil belajar yang maksimal. Oleh karena itu diperlukan usaha pendidik untuk dapat memaksimalkan pembelajaran yang efektif dan efisien dengan penggunaan model dan media yang fokus pada siswa. Berdasarkan hasil penyelidikan di lapangan didapatkan data bahwa hasil belajar dan keterampilan dalam komunikasi kurang terlihat dari kegiatan pembelajaran yang masih berfokus kepada guru dan media yang digunakan hanya gambar dan video pembelajaran saja. Maka penggunaan model dan media pembelajaran sudah sepatutnya diperhatikan. Salah satu model pembelajaran yang patut dikedepankan adalah Learning Cycle 5E. Model yang langkah-langkahnya ini sudah tersusun sedemikian rupa dengan berfokus kepada peran aktif siswa akan semakin maksimal dengan penggunaan media yang memudahkan guru menyampaikan materi dan siswa yang akan berperan dalam pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Learning Cycle 5E berbantuan media benda konkret terhadap hasil belajar IPA dan keterampilan berkomunikasi siswa kelas V. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan rancangan kuasi eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VA (kelas kontrol Discovery Learning) dan VD (kelas eksperimen Learning Cycle 5E berbantuan media benda konkret) di SDN Pandanwangi 1 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sementara itu instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk sikap keterampilan membuat magnet sederhana dan keterampilan berkomunikasi. Kemudian instrumen tes soal pilihan ganda untuk hasil belajar yang diuji validitas reliabilitas tingkat kesukaran dan daya bedanya. Teknik analisis data dengan uji n-gain score untuk menguji efektivitas dan uji independent sample t-test untuk menguji hipotesis hasil belajardimana sebelumnya data telah memenuhi uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis data menunjukkan uji independent sample t-test sebesar Sig. 0 002 lt 0 05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Rata-rata post-test hasil belajar kelas eksperimen sebesar 88 92 lebih tinggi dibanding kelas kontrol dengan nilai 80 37. Hasil pengolahan data untuk keterampilan berkomunikasi menunjukkan bahwa nilai post-test kelas kontrol sebesar 65 84 dengan kategori baik sedangkan kelas eksperimen 82 14 dengan kategori sangat baik. Selain itu sikap gotong royong dan keterampilan membuat magnet sederhana dari kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model Learning Cycle 5E berbantuan media benda konkret terhadap hasil belajar IPA dan keterampilan berkomunikasi siswa kelas V SDN Pandanwangi 1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Mar 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/307415

Actions (login required)

View Item View Item