Pengembangan e-lkpd berbasis keterampilan 4c (critical thinking, communication, creativity, dan collaboration) materi bangun ruang siswa kelas v sekolah dasar / Nadhila Ika Qistina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-lkpd berbasis keterampilan 4c (critical thinking, communication, creativity, dan collaboration) materi bangun ruang siswa kelas v sekolah dasar / Nadhila Ika Qistina

Qistina, Nadhila Ika Qistina (2024) Pengembangan e-lkpd berbasis keterampilan 4c (critical thinking, communication, creativity, dan collaboration) materi bangun ruang siswa kelas v sekolah dasar / Nadhila Ika Qistina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil wawancara dan penyebaran angket kepada siswa kelas V dan guru SDN Kebonduren 01 Kabupaten Blitar diperoleh bahwa siswa dan guru membutuhkan bahan ajar berbasis teknologi yaitu E-LKPD berbasis keterampilan 4C pada materi bangun ruang. Maka tujuan penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan bahan ajar E-LKPD berbasis keterampilan 4C materi bangun ruang yang valid menurut ahli mengembangkan bahan ajar yang praktis untuk siswa serta mengetahui efektivitas bahan ajar E-LKPD berbasis keterampilan 4C pada siswa. Model penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) Analyze meliputi analisis kebutuhan kurikulum dan karakteristik siswa (2) Design meliputi pembuatan desain bahan ajar menyusun materi merancang lembar validasi merancang angket respon siswa dan pembuatan soal pretest dan posttest (3) Development yaitu dilakukan pembuatan produk validasi ahli dan uji coba skala kecil (4) Implementation dilakukan uji coba skala besar dan (5) Evaluation melakukan analisis pada setiap tahapan penelitian untuk ditarik kesimpulan. Hasil pengolahan data dari ahli memperoleh nilai kevalidan dengan rata-rata 94 12% ahli materi sebesar 88 58% dan ahli desain sebesar 94 88% dengan kategori sangat valid. Sedangkan untuk nilai kepraktisan sebesar 96 13% dengan kategori sangat praktis. Setelah dilakukan pretest dan posttest data diolah menggunakan uji sample paired t-test dengan nilai sig. sebesar 0 000 lt 0 005 dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran memiliki pengaruh antara sebelum dan sesudah penggunaan. Berdasarkan uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis keterampilan 4C sangat valid sangat praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Mar 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/307411

Actions (login required)

View Item View Item