Arbaiyah, Siti (2023) Pengembangan LKPD materi operasi hitung bilangan cacah menggunakan model situation based learning berbasis qr code pada Kelas 2 Sekolah Dasar / Siti Arbaiyah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD materi operasi hitung bilangan cacah model Situation Based Learning berbasis QR Code di kelas 2 sekolah dasar yang berkriteria valid berdasarkan ahli materi media praktis serta efektif untuk peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian dan pengembangan ini didasari dengan analisis kebutuhan serta permasalahan kurang adanya media pembelajaran yang menarik yang dapat mengarahkan siswa untuk mendapatkan pengetahuannya secara individu maupun kelompok. Model penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE berdasarkan tahapan yang terdiri dari analyse design development implementation evaluation Pengujian validitas oleh para ahli memiliki hasil kategori sangat valid dengan mendapatkan rata-rata sebesar 95 13%. Selain itu hasil angket kepraktisan yang diisi oleh siswa menunjukkan tingkat yang tinggi dengan rata-rata sebesar 95 13 yang berarti produk sangat praktis digunakan. Hasil pengujian efektivitas dilakukan dengan membandingkan data hasil pretest dan data hasil post test siswa menggunakan pengujian paired sample t-test diperoleh hasil p (0 000) lt 0 05 dengan hasil menunjukkan adanya diferensiasi yang signifikan antara nilai sebelum menggunakan dan sesudah menggunakan produk. Hal ini dapat diartikan bahwa LKPD berbasis QR Code yang dikembangkan berpengaruh pada hasil belajar siswa dengan kategori sangat valid sangat praktis dan sangat efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Feb 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/307394 |
Actions (login required)
View Item |