Bahari, Priya Kusuma Bahari (2024) Pengembangan media pocket book berbasis qr code materi sistem tata surya untuk meningkatkan literasi sains siswa sekolah dasar / Priya Kusuma Bahari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Media pembelajaran adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan dan memperjelas materi sekaligus merangsang minat dan memotivasi siswa untuk belajar agar tercapai proses belajar. Media dipilih untuk dikembangkan karena menurut hasil wawancara guru kelas VI SDN 1 Sumbergedong proses pembelajaran IPA materi tata surya membutuhkan media pembelajaran sebagai penunjang buku utama. Oleh karena itu solusi yang diberikan yaitu pengembangan media pocket book berbasis QR code materi tata surya untuk meningkatkan literasi sains siswa sekolah dasar. Tujuan dari pengembangan media pocket book berbasis QR code adalah menghasilkan media pocket book yang valid menurut ahli materi ahli media dan pengguna (guru) serta praktis menurut siswa. Materi yang digunakan adalah sistem tata surya. Media pocket book dilengkapi QR code yang dapat menautkan gambar 3D AR dan video pembelajaran. Media pocket book memuat materi IPA KD 3.7 dan 4.7 dan dapat digunakan minimal dalam 2 pembelajaran. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VI SDN 1 Sumbergedong. Pengembangan ini menggunakan metode Research and Development (R amp D) dengan mengikuti langkah-langkah Analyze Design Development Implementation dan Evaluation (ADDIE). Pengumpulan data menggunakan wawancara kepada guru dan angket kepada ahli materi ahli bahan ajar dan pengguna. Penelitian ini melibatkan 2 ahli satu guru dan 20 siswa. Data dianalisis menggunakan validitas kepraktisan dan efektivitas produk. Berdasarkan validasi ahli diperoleh hasil validasi dengan kriteria sangat valid. Ahli materi sebesar 92 85% ahli media sebesar 92 85% dan pengguna sebesar 95%. Kepraktisan produk oleh siswa pada uji coba skala kecil mendapatkan hasil sebesar 100% dan uji coba skala besar mendapatkan hasil sebesar 98 5% dan efektivitas produk mengalami peningkatan sebesar 80%. Dari hasil validasi dan hasil uji coba diperoleh kesimpulan bahwa pocket book yang dikembangkan sangat valid menurut validator praktis bagi siswa dan efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa sekolah dasar. Produk pocket book berbasis QR code pada materi tata surya dapat dijadikan sebagai salah satu media yang baik untuk kegiatan pembelajaran pada kelas VI SD. Diharapkan produk ini dapat ditindak lanjuti dengan mengetahui efektivitas dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/307342 |
Actions (login required)
View Item |