Khoiriyah, Muslimatun (2023) Penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (pmri) untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang kelas v sdn kebonagung 01 madiun / Muslimatun Khoiriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan PMRI dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Kebonagung 01. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah observasi wawancara tes dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kebonagung 01 yang berjumlah 25 siswa. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V dengan menggunakan pendekatan PMRI. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus dan mendapatkan hasil yang mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh yaitu sebesar 78 3 pada siklus 1 dan diperoleh hasil yaitu sebesar 90 pada siklus 2. Sedangkan berdasarkan data observasi siswa diperoleh hasil yaitu sebesar 72 3 pada siklus 1 dan pada siklus 2 diperoleh hasil yaitu sebesar 84 2. Pada siklus 1 diperoleh hasil ketuntasan belajar yaitu sebesar 60% yang dimana hal tersebut mengalami peningkatan dari yang semula hanya 40%. Sedangkan untuk rata-rata nilai tes siswa didapatkan hasil sebesar 69 56. Sedangkan pada siklus 2 diperoleh hasil ketuntasan belajar yaitu sebesar 80% yang dimana hal tersebut mengalami peningkatan dari yang semula 60%. Diperoleh hasil rata-rata nilai tes siswa sebesar 77 yang juga mengalami peningkatan daripada siklus 1.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 04:29 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 07:31 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/307273 |
Actions (login required)
View Item |