Penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (pmri) untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang kelas v sdn kebonagung 01 madiun / Muslimatun Khoiriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (pmri) untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang kelas v sdn kebonagung 01 madiun / Muslimatun Khoiriyah

Khoiriyah, Muslimatun (2023) Penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (pmri) untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang kelas v sdn kebonagung 01 madiun / Muslimatun Khoiriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan PMRI dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Kebonagung 01. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah observasi wawancara tes dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kebonagung 01 yang berjumlah 25 siswa. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V dengan menggunakan pendekatan PMRI. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus dan mendapatkan hasil yang mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh yaitu sebesar 78 3 pada siklus 1 dan diperoleh hasil yaitu sebesar 90 pada siklus 2. Sedangkan berdasarkan data observasi siswa diperoleh hasil yaitu sebesar 72 3 pada siklus 1 dan pada siklus 2 diperoleh hasil yaitu sebesar 84 2. Pada siklus 1 diperoleh hasil ketuntasan belajar yaitu sebesar 60% yang dimana hal tersebut mengalami peningkatan dari yang semula hanya 40%. Sedangkan untuk rata-rata nilai tes siswa didapatkan hasil sebesar 69 56. Sedangkan pada siklus 2 diperoleh hasil ketuntasan belajar yaitu sebesar 80% yang dimana hal tersebut mengalami peningkatan dari yang semula 60%. Diperoleh hasil rata-rata nilai tes siswa sebesar 77 yang juga mengalami peningkatan daripada siklus 1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Nov 2023 04:29
Last Modified: 23 Sep 2024 07:31
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/307273

Actions (login required)

View Item View Item