Pengaruh faktor psikologis terhadap putusan penggunaan jasa modifikasi sepeda motor (studi pada konsumen bengkel Java Speed Malang) /Bill Edward B - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor psikologis terhadap putusan penggunaan jasa modifikasi sepeda motor (studi pada konsumen bengkel Java Speed Malang) /Bill Edward B

Edward B., Bill (2010) Pengaruh faktor psikologis terhadap putusan penggunaan jasa modifikasi sepeda motor (studi pada konsumen bengkel Java Speed Malang) /Bill Edward B. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Edward. B Bill. 2009. Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Modifikasi Sepeda Motor (Studi pada Konsumen Bengkel Java Speed Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Supriyanto M.M (II) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si Kata kunci Faktor Psikologis Keputusan Penggunaan Jasa Konsumen semakin selektif dalam mengkonsumsi produk dan jasa termasuk juga pada jasa bengkel modifikasi. Dimana konsumen selalu mencari kualitas terbaik sehingga keinginan mereka dapat terpenuhi. Karena itulah maka persaingan antar bengkel modifikasi dalam menawarkan keunggulan dan kualitas mereka semakin ketat. Pemasar harus bisa memahami karakteristik dari konsumen sehingga dapat mempengaruhi keputusan konsumen agar konsumen mau menggunakan produk atau jasa yang mereka tawarkan. Karakteristik konsumen dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal konsumen. Salah satu faktor internal yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah faktor psikologis. Faktor Psikologis tersebut antara lain motivasi persepsi pembelajaran serta sikap dan keyakinan Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan faktor psikologis terhadap proses keputusan penggunaan jasa modifikasi sepeda motor. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah teknik accidental sampling. Sampelnya adalah 55 konsumen yang menggunakan jasa modifikasi sepeda motor di bengkel Java Speed. Variabel yang diangkat dalam penelitian ini yaitu faktor psikologis sebagai variabel bebas (X) yang meliputi motivasi (X1) persepsi (X2) pembelajaran (X3) sikap dan keyakinan (X4). Sebagai variabel terikat (Y) yaitu keputusan penggunaan jasa. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS for Windows 10.0. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan uji hipotesis t dan F menunjukkan tingkat signifikansi sebesar 0 000 yang berarti koefisien regresi signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan dari faktor psikologis (motivasi persepsi pembelajaran serta sikap dan keyakinan) terhadap keputusan penggunaan jasa modifikasi di bengkel java Speed secara simultan. (2) Ada pengaruh yang signifikan dari faktor psikologis (motivasi persepsi pembelajaran serta sikap dan keyakinan) terhadap keputusan penggunaan jasa modifikasi di bengkel java Speed secara parsial. (3) persepsi merupakan unsur dari faktor psikologis yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan penggunaan jasa modifikasi di bengkel Java Speed yaitu sebesar 27 21%. Saran yang bisa diberikan berkaitan dengan temuan yang diperoleh selama melaksanakan penelitian ini adalah (1) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi konsumen mempunyai pengaruh yang besar terhadap keputusan konsumen. Oleh karena itu produsen dimana dalam penelitian ini adalah mekanik dari Bengkel Java Speed harus benar-benar memperhatikan kualitas jasa yang mereka berikan kepada konsumennya (2) Karena motivasi persepsi pembelajaran serta sikap dan keyakinan menjadi pertimbangan utama konsumen dalam melakukan keputusan penggunaan jasa di Bengkel Java Speed maka sebaiknya Bengkel Java Speed harus memperhatikan sisi psikologis konsumen dan juga lebih tanggap terhadap konsumen mereka artinya Bengkel Java Speed dalam memenuhi kebutuhan konsumennya harus mengenali apa saja keinginan dari konsumen dan sebisa mungkin mewujudkannya. (3) Ada faktor lain yang berpengaruh dalam keputusan konsumen dalam penggunaan jasa modifikasi di samping faktor psikologis. Karena itu disarankan untuk peneliti berikutnya agar penelitian diarahkan kepada variabel-variabel lain diluar faktor psikologis yang mempengaruhi keputusan penggunaan jasa modifikasi pada Bengkel Java Speed Malang seperti word of mouth atau juga faktor eksternal dari konsumen seperti faktor lingkungan konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30722

Actions (login required)

View Item View Item