Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada konsumen oli sintetik sepeda motor merek Top 1 di Kota Malang) / Akhmad Rizza Mustaqiem - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada konsumen oli sintetik sepeda motor merek Top 1 di Kota Malang) / Akhmad Rizza Mustaqiem

Mustaqiem, Akhmad Rizza (2010) Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada konsumen oli sintetik sepeda motor merek Top 1 di Kota Malang) / Akhmad Rizza Mustaqiem. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mustaqiem A. R. 2007. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Konsumen Oli Sintetik Sepeda Motor Merek Top 1 Di Kota Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Gatot Isnani M.Si. (II) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si. Kata Kunci Ekuitas Merek Keputusan Pembelian Oli Sintetik Sepeda Motor Merek Top 1. Pasar pelumas domestik tergolong pasar yang muda belia. Setelah dikeluarkannya deregulasi pemerintah untuk membuka kran impor minyak pelumas pada Tahun 2000 barulah pasar ini bergejolak. bermunculan banyak pelaku pasar yang secara keseluruhan menawarkan produk yang hampir serupa. Untuk menjadi yang terkuat maka perusahaan harus mempunyai keunggulan bersaing yang sukar untuk ditiru oleh kompetitor lainnya. Oli sepeda motor merek Top 1 adalah salah satu dari sekian banyak merek oli yang beredar di pasaran. Ekuitas merek yang terdiri dari empat komponen utama yaitu kesadaran merek (brand awareness) asosiasi merek (brand association) persepsi kualitas (percieved quality) dan loyalitas merek (brand loyalty) merupakan suatu asset dan kewajiban yang mampu memberikan nilai tersendiri. Pengelolaan ekuitas merek secara baik akan mengantarkan perusahaan mendapatkan posisi yang unggul daripada lainnya. Karena pada dasarnya dengan ekuitas merek yang kuat maka tujuan pemasar untuk selalu mengembangkan dan merebut pasar akan lebih mudah tercapai. Dalam hal ini Top 1 sedang membangun ekuitas mereknya bersama dengan tingkat persaingan yang dinamis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek (X) baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli oli sintetik sepeda motor merek Top 1 di Kota Malang (Y) serta untuk mengetahui komponen ekuitas merek yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam membeli oli sintetik sepeda motor merek Top 1 di Kota Malang Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen oli sintetik sepeda motor merek Top 1 di Kota Malang yang tak terbatas jumlahnya. Penentuan sampel menggunakan rumus infinite population dengan tingkat kesalahan 945 5% sehingga didapatkan jumlah sebesar 73 orang. Teknik sampling dalam penelitian menggunakan multi-tahap sampling. Tahapan pertama adalah area probability sample kemudian diikuti dengan proportional sample untuk menentukan jumlah sampel yang diambil dari masing-masing tempat penelitian. Tahapan terakhir adalah accidental sampling untuk menyebarkan kuesioner ke responden. Kuesioner dalam penelitian ini tergolong kuesioner tertutup yang menggunakan skala Likert 5 tingkat. Analisis data yang yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik. Proses pengolahan data menggunakan software SPSS 13 for Windows. Hasil dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh kesadaran merek (X1) asosiasi merek (X2) persepsi kualitas (X3) dan loyalitas merek (X4) secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli oli sintetik sepeda motor merek Top 1 di Kota Malang dengan nilai 946 1 0 177 dan nilai sig t1 0 002 nilai 946 2 0 267 dan nilai t2 0 000 946 3 0 194 dan nilai sig t3 0 011 nilai 946 4 0 239 dan t4 0 004 pengaruh secara simultan dengan nilai Fhitung sebesar 28 135 dan tingkat signifikansi F 0 000. Sub variabel dari ekuitas merek yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli oli sintetik sepeda motor merek Top 1 di Kota Malang adalah asosiasi merek dengan sumbangan efektif sebesar 30 21%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh kesadaran merek (X1) asosiasi merek (X2) persepsi kualitas (X3) dan loyalitas merek (X4) secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli oli sintetik sepeda motor merek Top 1 di Kota Malang. (2) Terdapat pengaruh kesadaran merek asosiasi merek persepsi kualitas dan loyalitas merek secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli oli sintetik sepeda motor merek Top 1 di Kota Malang. (3) Asosiasi merek (X2) dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli oli sintetik sepeda motor merek Top 1 di Kota Malang. (4) Peranan ekuitas merek suatu produk dapat dijadikan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Pengolahan ekuitas merek oleh perusahaan dengan tepat akan meningkatkan tingkat kesadaran brand image dan loyalitas konsumen. Sehingga mendatangkan keuntungan yang berkelanjutan. (5) Konsumen laki-laki lebih berperan dalam pengambil keputusan dan pembelian oli sintetik sepeda motor merek Top 1 di Kota Malang. (6) Usia pekerjaan dan tingkat penghasilan konsumen mempengaruhi pola konsumsinya. Dimana konsumen oli sintetik sepeda motor merek Top 1 adalah konsumen yang berusia 17 tahun ke atas. Sedangkan tingkat penghasilan dan pekerjaan mencerminkan keadaan ekonomi yang mempengaruhi pembelian oli sintetik sepeda motor merek Top 1 mayoritas konsumen oli sintetik sepeda motor merek Top 1 telah memiliki pekerjaan dan berpenghasilan. Saran dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Hendaknya pihak PT Topindo Atlas Asia selaku importir oli sintetik sepeda motor merek Top 1 di Indonesia terus berupaya untuk membangun ekuitas mereknya. Dengan cara mengkomunikasikan mereknya secara kontinyu serta dibarengi dengan peningkatan kualitas produk dan layanannya. (2) Pengasosiasian merek dapat diperkuat lagi dengan program-program pemasaran yang berjenis relationship marketing. Dapat ditempuh dengan acara sponshorship suatu kegiatan yang masih berhubungan dengan jenis produk. Dimana semakin baik asosiasi merek oli sintetik sepeda motor merek Top 1 akan membentuk brand image dan tentunya mempengaruhi keputusan pembelian dan tingkat loyalitas konsumen. (3) Hendaknya para pengecer atau bengkel ikut menjaga dan memperkuat ekuitas merek oli sintetik sepeda motor merek Top 1 dengan cara memberikan pelayanan kepada konsumen sebaik-baiknya dengan menjaga kualitas oli dari pemalsuan serta dibarengi pemberian pengetahuan atau informasi yang memadai tentang oli sintetik sepeda motor merek Top 1. (4) Peneliti berikutnya yang ingin meneliti lebih jauh tentang ekuitas merek oli sintetik sepeda motor merek Top 1 dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen hendaknya menggunakan 5 komponen ekuitas merek secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30702

Actions (login required)

View Item View Item