Peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV B melalui pakem di SDN Klojen Kota Malang semester II tahun ajaran 2011/2012 / Muti'ah Isfahani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV B melalui pakem di SDN Klojen Kota Malang semester II tahun ajaran 2011/2012 / Muti'ah Isfahani

Isfahani, Muti'ah (2012) Peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV B melalui pakem di SDN Klojen Kota Malang semester II tahun ajaran 2011/2012 / Muti'ah Isfahani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci PAKEM Hasil Belajar Tugas dan tanggung jawab guru tidak hanya mengajarkan materi pelajaran sesuai dengan kurikulum melainkan juga memberikan pengalaman belajar yang bersifat mendidik. Kebermaknaan belajar dalam IPS masa sekarang tidak sekedar menghafal fakta dan konsep tetapi merupakan kegiatan menghubungkan konsep-konsep untuk menghasilkan pemahaman yang utuh sehingga konsep yang dipelajari mudah dipahami dengan baik dan tidak mudah dilupakan. Menurut kurikulum 2004 kegiatan belajar mengajar berpusat pada siswa yang artinya siswa harus lebih aktif menggali informasi sendiri sesuai dengan teori konstuktivis yaitu mengutamakan peran siswa dalam berinisiatif sendiri keterlibatan aktif dalam kegiatan pembelajaran.. Hasil dari wawancara observasi dan dokumentasi yang dilakulukan menunjukkan informasi bahwa pembelajaran yang dilakukan kurang menarik siswa sehingga siswa kurang aktif dalam bertanya malas membaca maupun mencatat hal ini juga berdampak pada tingkat hasil belajar siswa. Untuk itu untuk menyelesaikan permasalahan yang ada maka perlu diadakan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui PAKEM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan penerapan PAKEM dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV B dan adakah peningkatan hasil belajar IPS di SDN Klojen Kota Malang setelah menerapkan PAKEM Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan PAKEM dan apakah penerapan PAKEM dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV B di SDN Klojen. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut pelaksanaan PAKEM dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV B di SDN Klojen Kota Malang yaitu (a) Guru selain sebagai fasilitator juga harus peka terhadap siswa yang membutuhkan bimbingan. (b) Guru mengajukan pertanyaan yang menantang siswa agar aktif menjawab serta mempertanyakan gagasan siswa. (c) Guru memotivasi dan menawarkan siswa untuk bertanya materi yang belum dipahami oleh siswa. (d) Guru menggunakan alat bantu/ media dalam mengajar disesuaikan dengan materi yang disampaikan. (e) Guru menerapkan strategi belajar secara individu namun juga menciptakan kegiatan i i belajar yang menyenangkan shingga siswa nyaman dalam belajar. Adanya peningkatan hasil belajar IPS siswa setelah pelaksanaan PAKEM. Hal ini dapat diketahui dari nilai hasil belajar siswa yang meningkat pada siklus II dengan melihat ketuntasan klasikal mencapai 70%. Disarankan kepada guru IPS agar dapat mengelola kelas dengan baik lagi demi terciptanya suasana pembelajaran yang aktif kreatif efektif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/307

Actions (login required)

View Item View Item