Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian produk minuman coca cola ( Studi kasus pada mahasiswa jurusan D-III akuntansi politeknik negeri Malang ) /Astrid Kusuma Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian produk minuman coca cola ( Studi kasus pada mahasiswa jurusan D-III akuntansi politeknik negeri Malang ) /Astrid Kusuma Putri

Putri, Astrid Kusuma (2010) Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian produk minuman coca cola ( Studi kasus pada mahasiswa jurusan D-III akuntansi politeknik negeri Malang ) /Astrid Kusuma Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Astrid Kusuma. 2009. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Coca Cola (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan D-III Akuntansi Politeknik Negeri Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Agus Hermawan M.Si Grad Did MGT. M. Bus (2) Titis Shinta Dewi S.P. M.M. Kata Kunci bauran promosi keputusan pembelian Coca Cola D-III Akuntansi Politeknik Negeri Malang. Perkembangan usaha yang bergerak pada bidang minuman akhir-akhir ini berkembang semakin pesat. Mereka berlomba-lomba untuk menciptakan produk yang baru inovatif dan diminati konsumen. Salah satu perusahaan minuman yang merupakan market leader adalah The Coca Cola Company sebuah perusahaan yang memproduksi minuman berkarbonansi Coca Cola. Belum ada satupun perusahaan minuman sejenis yang berhasil mengeser posisi Coca Cola di pasaran. Usaha promosi penting bagi perusahaan atau badan usaha. Dengan adanya promosi perusahaan dapat memperkenalkan produknya dengan baik sehingga dapat diketahui oleh masyarakat serta menarik perhatian masyarakat untuk dapat menggunakan produk tersebut. Bauran promosi terdiri dari berbagai macam cara dalam melakukan promosi diantaranya yaitu periklanan promosi penjualan dan hubungan masyarakat. Berbagai promosi yang telah dilakukan The Coca Cola Company terutama dalam mempromosikan produk Coca Cola sedikit banyak turut andil dalam mempengaruhi keputusan mahasiswa jurusan D-III Akuntansi Politeknik Negeri Malang untuk membeli Coca Cola. Dugaan sementara tersebut perlu dibuktikan melalui penelitian yang akurat dengan data-data yang valid. Untuk itulah penelitian ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran bauran promosi produk minuman Coca Cola dan keputusan pembelian konsumen. Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian minuman Coca Cola baik secara simultan maupun parsial. Disamping itu juga untuk mencari unsur bauran promosi yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah bauran promosi (X) yang terdiri dari periklanan (X1) promosi penjualan (X2) dan hubungan masyarakat (X3). Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah Keputusan pembelian konsumen (Y). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dengan metode korelasional untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antar variabel. Populasi sebanyak 688 orang dan sampel 92 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Untuk menguji kelayakan kuesioner digunakan uji validitas dan reliabilitas dari data hasil kuesioner uji coba yang telah dilakukan dengan hasil yang valid dan reliabel. Pada pengujian hipotesis digunakan teknik analisis regresi yaitu melalui uji t dan uji f menggunakan bantuan komputer dengan program SPSS seri 13 for Windows. Dalam penelitian ini diperoleh (1) pengaruh periklanan terhadap keputusan pembelian produk minuman Coca Cola dengan thitung 3 756 dan 946 1 0 376. (2) pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan pembelian produk minuman Coca Cola dengan thitung 2 273 dan 946 2 0 223 (3) pengaruh hubungan masyarakat terhadap keputusan pembelian produk minuman Coca Cola dengan thitung 2 017 dan 946 4 0 203 (4) pengaruh bauran promosi secara simultan terhadap keputusan pembelian produk minuman Coca Cola dengan Fhitung 23 893. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu ada pengaruh yang signifikan secara simultan dan parsial an-tara bauran promosi (X) yang terdiri dari periklanan (X1) promosi penjualan (X2) dan hubungan masyarakat (X3) terhadap keputusan pembelian produk minuman Coca Cola diterima. Sehingga dugaan awal bahwa bauran promosi yang dilakukan The Coca Cola Company dalam mempromosikan produk minuman Coca Cola terbukti mempengaruhi keputusan mahasiswa jurusan D-III Akuntansi Politeknik Negeri Malang dalam membeli produk minuman Coca Cola dengan kontribusi sebesar 43%. Hal ini dilihat dari hasil Adjuster R Square 0 430. Unsur variabel bauran promosi yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk minuman Coca Cola adalah periklanan. Hal ini dapat dilihat dari hasil 946 1 0 376 yang diikuti oleh variabel promosi penjualan sebesar 946 2 0 223 dan variabel hubungan masyarakat sebesar 946 3 0 203. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ke-putusan pembelian mahasiswa jurusan D-III Akuntansi Politeknik Negeri Malang dalam membeli produk minuman Coca Cola dipengaruhi oleh bauran promosi yang dilakukan The Coca Cola Company selaku produsen minuman berkarbonansi Coca Cola sebesar 43% dan sisanya sebesar 57% dipengaruhi oleh hal-hal lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Periklanan merupakan unsur bauran promosi yang dominan kemudian promosi penjualan dan hubungan masyarakat. Saran yang bisa dikemukakan penulis dari hasil penelitian ini kepada The Coca Cola Company selaku produsen minuman berkarbonansi Coca Cola adalah meningkatkan keefektifan promosi penjualan yang dilakukan oleh Coca Cola dapat dilakukan dengan cara pemberian hadiah (produk baru pada ukuran mini) secara cuma-cuma kepada konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30674

Actions (login required)

View Item View Item