Perbedaan kemampuan kerjasama siswa menggunakan model pembelajaran student teams achievement division dengan jigsaw dalam pembelajaran sejarah di kelas X SMKN 1 Kepanjen Kabupaten Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan kemampuan kerjasama siswa menggunakan model pembelajaran student teams achievement division dengan jigsaw dalam pembelajaran sejarah di kelas X SMKN 1 Kepanjen Kabupaten Malang

Ramadani, Eka Nosa (2021) Perbedaan kemampuan kerjasama siswa menggunakan model pembelajaran student teams achievement division dengan jigsaw dalam pembelajaran sejarah di kelas X SMKN 1 Kepanjen Kabupaten Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini, yaitu meninjau dan menganalisis tingkat kerjasama siswa pada pembelajaran sejarah dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dan Jigsaw. Proses pembelajaran dengan kedua model tersebut, diharapkan dapat memberikan perubahan yang signifikan terhadap karakter kerjasama siswa pada matapelajaran Sejarah Indonesia. Selain itu, melalui penelitian ini diharapkan siswa lebih memahami materi Sejarah Indonesia. Pemilihan model pembelajaran tersebut, dirasa cocok untuk mengatasi permasalahan pada pelajaran sejarah dan bersifat berpusat pada siswa sehingga dapat meningkatkan antusias siswa dan kerjasama antar siswa pada matapelajaran sejarah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan kerjasama siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan model pembelajaran Jigsaw pada kelas X SMKN 1 Kepanjen. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas X SMKN 1 Kepanjen. Sampel penelitian ini adalah 35 siswa kelas X(Kelas Eksperimen I yang diajarkan dengan model pembelajaran STAD dan 35 siswa kelas X Kelas Eksperimen II yang diajarkan dengan model pembelajaran Jigsaw. Analisis data dilakukan dengan pengujian Mann Whitney, didapatkan nilai Z hitung yang lebih kecil dari – Z t abel (-2.385 < -1.960), dan nilai p-value lebih kecil dari α (0.017 < 0.050), maka diambil keputusan H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara kelompok berdasarkan skor kemampuan kerjasama siswa yang diukur. Terlihat dari tabel di atas menunjukkan rata-rata skor total kemampuan kerjasama siswa dari kelompok STAD lebih tinggi dari rata-rata skor total kemampuan kerjasama siswa kelompok Jigsaw, dan perbedaan tersebut signifikan. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat perbedaan kemampuan kerjasama siswa yang signifikan antara model pembelajaran Student Teams Achievement Division dengan model pembelajaran Jigsaw pada kelas X di SMK Negeri 1 Kepanjen. Selain itu, kemampuan kerjasama siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD lebih besar daripada kemampuan kerjasama siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Jigsaw. Dibuktikan dengan hasil nilai deskriptifnya terbukti model pembelajaran STAD mendapat skor lebih tinggi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 06 Jul 2023 07:11
Last Modified: 06 Jul 2023 07:11
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3067

Actions (login required)

View Item View Item