Pengaruh customer-based brand equity terhadap customer loyalty Djarum; L.A. Lights (penelitian pada mahasiswa Universitas Negeri Malang) / Muchammad Fahmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh customer-based brand equity terhadap customer loyalty Djarum; L.A. Lights (penelitian pada mahasiswa Universitas Negeri Malang) / Muchammad Fahmi

Fahmi, Muchammad (2010) Pengaruh customer-based brand equity terhadap customer loyalty Djarum; L.A. Lights (penelitian pada mahasiswa Universitas Negeri Malang) / Muchammad Fahmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fahmi M. 2009. Pengaruh Customer-Based Brand Equity (CBBE) Terhadap Customer Loyalty Rokok Djarum L.A Lights (Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S-1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Supriyanto M.M. (II) Drs. Agus Hermawan M.Si. M.Bus. Keywords Customer-Based Brand Equity (CBBE) Brand Awareness Brand Association Perceived Quality Brand Loyalty Customer Loyalty. This research aims to examine the practicality and applications of customer based brand equity model based Aaker s well-known conceptual framework and its influence towards Djarum L.A Lights customer loyalty. The study employed multiple regression analysis to investigate the influence of CBBE dimensions toward attitudinal and behavioral customer loyalty. This research based on a sample of 40 smoking students of L.A Lights cigarettes in Malang State University (UM). The study concludes that brand loyalty and perceived quality are the most influential dimensions of CBBE towards customer loyalty. Weak support were found in brand awareness and brand association dimensions. Implication for managers suggest that they must improves L.A Lights brand association and brand awareness through being connected by supporting youth or student events and crafting corporate social responsibilities campaign in order to improve its brand association. The paper provides a framework for understanding evaluating measuring and managing customer-based brand equity of cigarettes which needs different approaches to reach customer loyalty. Pasar rokok mild merupakan segmen pasar rokok anak muda yang pesat perkembangannya. Pada tahun 2009 pertumbuhan rokok mild sudah mencapai lebih dari 7% dari total pasar rokok nasional. Sementara sisanya masih pasar rokok jenis sigaret kretek tangan (SKT). Selain itu adanya tren dari para anak muda untuk berpindah dari rokok SKT ke rokok mild yang low tar dan low nicotine menjadikan pasar rokok mild akan terus berkembang dan semakin crowded. Munculnya merek-merek rokok dari produsen besar seperti A Mild Class Mild Star Mild U Mild LA Lights Surya Slim Absolute Mild yang menyasar target market yang hampir sama menjadikan kompetisi antar merek semakin chaos. Oleh karena itu Djarum L.A Lights perlu menggunakan strategi branding yang tepat dan cermat untuk berkompetisi dengan brands lain agar menciptakan customer loyalty yang terus meningkat dengan mengukur Customer-Based Brand Equity (CBBE) L.A Lights agar tidak terjebak dalam price-war. Merek yang kuat memiliki CBBE yang tinggi. CBBE menjadi suatu prioritas bagi setiap perusahaan karena dari CBBE yang kuat mengalir menuju customer loyalty dan profit. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran dan pengaruh dimensi-dimensi CBBE terhadap customer loyalty L.A Lights pada mahasiwa Universitas Negeri Malang (UM). UM merupakan Universitas yang disponsori oleh L.A Lights yang memiliki 22.853 mahasiswa yang terbagi dalam tujuh fakultas pada semester genap 2009 / 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan korelasional dengan pendekatan penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa UM yang merupakan perokok L.A Lights. Metode sampling yang digunakan adalah proporsional sampling diperkuat dengan penggunaan rumus infinite population. Sehingga berdasarkan perhitungan ditentukan sampel sebanyak 39 responden dan digenapkan menjadi 40 responden. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 15 Oktober hingga 30 Oktober 2009. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis multiple regression. Dimensi CBBE yang digunakan adalah brand awareness brand association perceived quality brand loyalty sebagai variabel independen dan customer loyalty sebagai variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh CBBE terhadap customer loyalty sebesar r2 0 557 Sig (Significance) 0 000. Secara parsial empat dimensi dalam CBBE brand awareness dan brand association terbukti tidak berpengaruh secara signifikan terhadap customer loyalty dengan nilai secara berturut-turut yaitu t -0 013 Sig 0 990 dan t 1 154 Sig 0 256. Sedangkan perceived quality dan brand loyalty terbukti berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap customer loyalty dengan nilai secara berturut turut yaitu t 3.233 Sig 0 003 dan t 3.503 Sig 0 001. Selain itu ditemukan juga bahwa dimensi perceived quality dan brand loyalty memiliki Sumbangan Efektif (SE) tertinggi terhadap dimensi customer loyalty dengan nilai 946 secara berturut-turut memiliki nilai sama sebesar 41 6%. Sedangkan brand awareness dan brand association secara berturut-turut memiliki nilai SE sebesar 14 3% dan -0 01%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perceived quality dan brand loyalty merupakan dimensi CBBE yang sangat mempengaruhi customer loyalty L.A Lights. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar secara empiris dilakukan penelitian lebih lanjut dengan menambahkan dimensi brand trust dan brand personality untuk memperkaya dimensi yang digunakan dalam pengukuran pengaruh CBBE terhadap customer loyalty. Selain itu jumlah sample yang lebih banyak diperlukan untuk penelitian selanjutnya agar hasil penelitian semakin representatif. Sedangkan implikasi manajerial dari penelitian ini antara lain adalah L.A Lights perlu meningkatkan brand awareness dan brand associations-nya dengan (1) Meningkatkan hubungannya dengan retailer rokok di sekitar UM agar merekomendasikan L.A Lights. (2) Bekerjasama dengan UM untuk membangun fasilitas L.A Smoking Areatm sebagai media integrated marketing communications sekaligus mempopulerkan campaign smoke responsibly by Djarum L.A Lights dan menggunakan trend green marketing global warming campaign yang sedang populer di kalangan generasi muda. (3) Meningkatkan hubungan antara L.A Lights dengan komunitas-komunitas mahasiswa di UM (being connected) dengan cara memfasilitasi kegiatan kemahasiswaan yang diperhitungkan secara cermat mampu mengangkat brand awareness dan brand associations.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30654

Actions (login required)

View Item View Item