Pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan pada rumah makan lesehan dan galeri Joglo Dau Malang / Irvananta Aditya P. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan pada rumah makan lesehan dan galeri Joglo Dau Malang / Irvananta Aditya P.

Aditya P., Irvananta (2010) Pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan pada rumah makan lesehan dan galeri Joglo Dau Malang / Irvananta Aditya P. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purnomo Irvananta Aditya. 2009. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Lesehan dan Galeri Joglo Dau Malang . Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si (II) Dr. Syihabudhin S.E M.Si Kata Kunci Kualitas Layanan Loyalitas Pelanggan Perilaku konsumen dipengaruhi oleh faktor-faktor yang berbeda untuk masing-masing individu. Dan salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah kualitas layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan kualitas layanan yang meliputi variabel bukti fisik (X1) variabel keandalan (X2) variabel daya tangap (X3) variabel jaminan (X4) dan variabel empati (X5) terhadap loyalitas pelanggan (Y). Penelitian ini dilakukan pada pelanggan Rumah Makan Lesehan dan Galeri Joglo Dau Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan analisis regresi berganda data diperoleh dengan menggunakan teknik kuesioner tertutup. Populasi telah diketahui jumlahnya karena diambil dari jumlah konsumen yang telah melakukan pembelian 2 kali dalam bulan Februari 2009 sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik sampel purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 70 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS for Windows 14.0. Setelah dilakukan proses pengolahan data dan analisis regresi berganda diketahui hasil penelitian menyatakan (1) Bukti Fisik dari hasil analisis data diperoleh nilai 1 0 502 t hitung 5 124 signifikan t 0 000. Hal ini menunjukkan bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (2) Keandalan dari hasil analisis data diperoleh 2 0 241 nilai t 2 216 signifikan t 0 030. Hal ini menunjukkan keandalan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (3) Daya Tanggap dari hasil analisis data diperoleh 3 0 235 nilai t 2 098 signifikan t 0 040. Hal ini menunjukkan daya tanggap berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (4) Jaminan dari hasil analisis data diperoleh 4 -0 208 nilai t -1 887 signifikan t 0 064. Hal ini menunjukkan jaminan berpengaruh tidak signifikan dan berpengaruh negatif terhadap loyalitas pelanggan. (5) Empati dari hasil analisis data diperoleh 5 0 017 nilai t 0 172 signifikan t 0 864. Hal ini menunjukkan empati berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Sedangkan nilai Fhitung diperoleh sebesar 9 213 dengan tingkat signifikansi 0 000 sehingga dapat dinyatakan ada pengaruh yang signifikan antara variabel bukti fisik keandalan daya tanggap jaminan dan empati secara simultan terhadap loyalitas pelanggan Rumah Makan Lesehan dan Galeri Joglo Dau Malang. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan secara parsial terdapat 3 variabel yang menunjukkan signifikansi terhadap loyalitas pelanggan yaitu Bukti Fisik Keandalan dan Daya Tanggap sedangkan variabel Jaminan berpengaruh tidak signifikan dan negatif terhadap loyalitas pelanggan variabel Empati berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Secara simultan Bukti Fisik Keandalan dan Daya Tanggap Jaminan Empati berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas pelanggan. Saran yang dapat diberikan berkaitan dengan temuan yang telah diperoleh adalah (1) Perusahaan untuk lebih memperhatikan dan meningkatkan kualitas layanan yang meliputi bukti fisik keandalan daya tanggap jaminan dan empati di dalam pelaksanaan strategi pemasarannya yaitu meningkatkan kualitas layanan bukti fisik keandalan dan daya tanggap sehingga dapat lebih meningkatkan loyalitas pelanggan. Mencari alternatif untuk pelaksanaan kualitas layanan jaminan dan empati. Seperti membuat dapur yang terbuka sehingga pelanggan dapat melihat proses pembuatan makanan mencari cara untuk mengetahui kebutuhan pelanggan tanpa membuat pelanggan merasa risi dan terganggu. Dengan demikian loyalitas pelanggan Rumah Makan Lesehan dan Galeri Joglo Dau Malang dapat dijaga dan ditingkatkan (2) Bagi Peneliti berikutnya apabila digunakan sebagai rujukan penelitian sebaiknya memperluas ruang lingkup penelitian sehingga hasil penelitian akan lebih baik komprehensif karena di dalam penelitian ini terbukti bahwa 37 3% loyalitas dipengaruhi kualitas layanan sedangkan sisanya 62 7% dipengaruhi variabel yang lain seperti atribut produk faktor psikologis bauran promosi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30633

Actions (login required)

View Item View Item