Manajemen pembelajaran berbasis projek penguatan profil pelajar pancasila (p5) dalam membentuk karakter peserta didik (studi kasus sdn polehan 5 malang) / FANNY SUKMA RIYANTI - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pembelajaran berbasis projek penguatan profil pelajar pancasila (p5) dalam membentuk karakter peserta didik (studi kasus sdn polehan 5 malang) / FANNY SUKMA RIYANTI

Riyanti, Fanny Sukma Riyanti (2024) Manajemen pembelajaran berbasis projek penguatan profil pelajar pancasila (p5) dalam membentuk karakter peserta didik (studi kasus sdn polehan 5 malang) / FANNY SUKMA RIYANTI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan karakter ditanamkan pada peserta didik melalui program kurikulum merdeka projek penguatan profil pelajar pancasila agar tebentuk karakter sesuai dengan nilai-nilai pancasila pada diri peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara mendalam mengenai manajemen pembelajaran berbasis projek penguatan profil pelajar pancasila dalam membentuk karakter peserta didik di SD Negeri Polehan 5 Malang yang dimulai dari perencanaan pengorganisasian pelaksanaan penilaian dan dampak dari kegiatan manajemen pembelajaran yang dilakukan. Metode penelitian in menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis rancangan penelitian melalui studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara observasi dan studi dokumenter. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan di SD Negeri Polehan 5 Malang ini adalah proses perencanaan disusun secara sistematis disesuaikan dengan tujuan pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila dan kebutuhan peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran melibatkan seluruh warga sekolah dan pihak eksternal dalam pelaksanaan proyek. Penilaian dilakukan secara holistik tidak hanya berfokus pada pencapaian akdemik namun juga pada proses pelaksanaan program perkembangan karakter. Dampak dari pembelajaran ini peserta didik dalam menginternalisasi nilai ndash nilai pancasila dan dapat membentuk generasi penerus bangsa yang memiliki jiwa yang kuat dan bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/306235

Actions (login required)

View Item View Item