Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan konsumen dalam membeli laptop (studi pada pengguna laptop Toshiba di Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang) / Denti Armayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan konsumen dalam membeli laptop (studi pada pengguna laptop Toshiba di Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang) / Denti Armayanti

Armayanti, Denti (2010) Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan konsumen dalam membeli laptop (studi pada pengguna laptop Toshiba di Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang) / Denti Armayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Armayanti Denti. 2009. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Laptop (Studi pada Pengguna Laptop Toshiba di Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si (2) Titis Shinta Dewi S.P. M.M Kata Kunci bauran promosi keputusan pembelian laptop Toshiba. Seiring dengan era perkembangan teknologi berbagai kebutuhan teknologi elektronik dengan mudah kita dapat. Salah satunya adalah laptop. Laptop adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan beratnya berkisar dari 1-6 kg tergantung ukuran bahan dan spesifikasi laptop tersebut. Sumber daya laptop berasal dari batrai atau adaptor A atau C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis tergantung dari cara pemakaian spesifikasi dan ukuran baterai. Berbeda dengan komputer meja (desktop) yang dirancang untuk berada di tempat yang tetap laptop dirancang agar dapat digunakan dimana pun pemiliknya berada Oleh sebab itu untuk seseorang dengan mobilitas tinggi memiliki laptop lebih diminati dibanding memiki komputer desktop. Perkembangan menunjukan semakin bervariasinya fitur-fitur dan komponen-komponen pendukung laptop. Usaha promosi penting bagi perusahaan atau badan usaha. Dengan adanya promosi perusahaan dapat memperkenalkan produknya dengan baik sehingga dapat diketahui oleh masyarakat serta menarik perhatian masyarakat untuk dapat menggunakan produk tersebut. Bauran Promosi terdiri dari berbagai promosi yang terdiri dari berbagai macam cara dalam melakukan promosi diantaranya yaitu periklanan penjualan pribadi promosi penjualan dan hubungan masyarakat. Berbagai promosi yang telah dilakukan Toshiba sedikit banyak turut andil dalam mempengaruhi keputusan masyarakat untuk menggunakan laptop Toshiba. Dugaan sementara tersebut perlu dibuktikan melalui penelitian yang akurat dengan data-data yang valid. Untuk itulah penelitian ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Laptop Toshiba baik secara parsial maupun simultan. Disamping itu juga untuk mencari unsur bauran promosi yang dominan yang terdiri dari periklanan (X1) penjualan pribadi (X2) promosi penjualan (X3) dan hubungan masyarakat (X4). Sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan membeli laptop Toshiba (Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif karena bertujuan untuk mengetahui hubungan antara 2 variabel atau lebih. Populasinya adalah mahasiswa pascasarjana UM dan sampelnya adalah 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Untuk menguji kelayakan kuesioner digunakan uji validitas dan reliabilitas dari data hasil kuesioner uji coba yang telah dilakukan dengan hasil yang valid dan reliabel. Pada pegujian hipotesis digunakan teknik analisis regresi yaitu melalui uji t dan uji F menggunakan bentuan komputer dengan program SPSS seri 15 For Windows. Dalam penelitian ini diperoleh (1) pengaruh periklanan terhadap keputusan membeli laptop Toshiba thitung 11.301 dan 946 1 0.317. (2) pengaruh penjualan pribadi terhadap keputusan membeli laptop Toshiba thitung 11.044 dan 946 2 0.323. (3) pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan membeli laptop Toshiba thitung 11.640 dan 946 3 0.308. (4) pengaruh Hubungan Masyarakat terhadap keputusan membeli laptop Toshiba thitung 12.475 dan 946 4 0.371. (5) pengaruh Hubungan Masyarakat terhadap keputusan membeli laptop Toshiba fhitung 403.803. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu ada pengaruh yang signifikan secara parsial dan simultan antara bauran promosi (X) yang terdiri dari periklanan (X1) penjualan pribadi (X2) promosi penjualan (X3) dan hubungan masyarakat (X4) terhadap keputusan Konsumen Dalam Membeli Laptop (Studi pada Pengguna Laptop Toshiba di Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang) diterima. Sehingga dugaan awal bahwa bauran promosi yang dilakukan oleh Toshiba dalam mempromosikan produk Toshiba terbukti mempengaruhi keputusan masyarakat dalam membeli laptop Toshiba dengan kontribusi sebesar 94.2%. hal ini dapat dilihat dari hasil Adjusted R Square 0.942. Unsur variabel bauran promosi yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan membeli laptop Toshiba adalah hubungan masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang didapat bahwa periklanan 946 1 0.317 penjualan pribadi 946 2 0.323 promosi penjualan 946 3 0.308 Hubungan Masyarakat 946 4 0.371. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel bauran promosi mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli laptop Toshiba sebesar 94.2% dan sisanya sebesar 5.8% dipengaruhi hal-hal lain yang tidak dijelasin dalam penelitian ini misalnya pengaruh teman pengaruh fitur dll. Hubungan masyarakat merupakan unsur dominan kemudian penjualan pribadi periklanan dan terakhir yaitu promosi penjualan. Saran yang bisa dikemukakan oleh penulis dari hasil penelitian ini kepada Toshiba adalah Toshiba harus bisa mempertahankan dan meningkatkan Hubungan masyarakat karena berdasarkan pengamatan peneliti Hubungan masyarakat menjadi media bauran promosi memberikan pengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam membeli laptop Toshiba. Dari hasil kuesioner pada bagian saran Toshiba perlu waspada terhadap penurunan efektifitas iklan terutama iklan televisi karena jika efektifitas iklan sudah mengalami penurunan yang signifikan maka iklan yang dikeluarkan oleh toshiba harus didisain semenarik mungkin yaitu dengan iklan yang singkat tepat dan bermanfaat sehingga dapat memperkuat produk kepada konsumen dan konsumen tidak melirik laptop merek lain yang banyak bermunculan. .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30617

Actions (login required)

View Item View Item