Rahayu, Isnaini Umi Rahayu (2024) Kreativitas guru untuk mengembangkan kemampuan collaboration peserta didik di sdn bakalan krajan 1 malang / Isnaini Umi Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Peran guru tidak hanya menyampaikan materi kepada peserta didik tetapi juga menciptakan keaktifan kreativitas dan suasana kelas yang menyenangkan. Pengelolaan kelas yang kreatif dapat meningkatkan semangat belajar peserta didik agar selalu fokus dan kondusif. Pengembangan kemampuan collaboration peserta didik perlu dikembangkan untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab saling menghargai peduli satu sama lain kerja sama sabar. Hal ini melatih peserta untuk hidup di lingkungan yang lebih luas. Melakukan pendekatan terhadap peserta didik juga perlu dilakukan guna untuk mengetahui kebutuhan pembelajaran peserta didik Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kreativitas guru (2) upaya dan dampak pembelajaran berkelompok dalam mengembangkan kemampuan collaboration peserta didik (3) pendekatan yang dilakukan guru terhadap peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini di SDN Bakalan Krajan 1 Malang yang beralamatkan di Jalan Pelabuhan Bakahuni 199 Bakalan Krajan Kec. Sukun Kota Malang Prov. Jawa Timur. Teknik pengambilan data dilakukan melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu pengumpulan data reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh dari lapangan dicek keabsahannya melalui kredibilitas keterahlian ketergantungan dan kepastian. Informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah guru penggerak 1 guru penggerak 2 dan peserta didik. Penelitian ini menghasilkan beberapa hal yaitu (1) kreativitas guru berupa kesepakatan pembelajaran pemberian motivasi penguasaan kelas yang dilakukan guru penggunaan media ajar desain kelas pemanfaatan lingkungan sekitar dalam pembelajaran (2) upaya dan dampak pembelajaran berkelompok dalam meningkatkan kemampuan collaboration peserta didik berupa keaktifan tanggung jawab menerima konsekuensi kondusif kerjasama antar anggota hal itu berasal dari pemetaan berdasarkan minat gaya belajar dan kesiapan belajar (3) pendekatan yang dilakukan guru terhadappeserta didik berupa melakukan assessment diagnostic pendekatan personal pendekatan bakat minat mencari informasi dari guru sebelumnya mencari informasi dari orang tua hasil belajar bimbingan khusus. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada (1) Kepala SDN Bakalan Krajan 1 Malang memfasilitasi guru untuk meningkatkan kreativitas dalam pengelolaan kelas dalam hal ini Kepala Sekolah bisa memberikan pelatihan secara langsung dengan mendatangkan narasumber yang sesuai kebutuhan. Kemudian pemberian apresiasi kepada guru untuk meningkatkan semangat pendidik (2) guru semua guru harus berusaha mengembangkan kreativitas dalam pengelolaan kelas tanpa terhalang usia. Contonya mengikuti pelatihan serta memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran (3) peserta didik menerapkan collaboration yang telah dipelajari di sekolah pada kehidupan sehari-hari untuk memudahkan berinteraksi dengan lingkungan sekitar (4) peneliti selanjutnya hasil dari penelitian ini dapat ditindak lanjuti dan dikembangkan lebih lanjut dengan temuan-temuan baru di berbagai lembaga pendidikan terkait. Peneliti lain juga dapat mengembangkan hasil penelitian ini dengan teori-teori yang relevan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/306132 |
Actions (login required)
View Item |