Pengaruh financial leverage terhadap earning per share (EPS) (studi pada perusahaan sektor telekomunikasi yang listing di BEI periode Desember 2005 - Juni 2008) / Maulia M.J. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh financial leverage terhadap earning per share (EPS) (studi pada perusahaan sektor telekomunikasi yang listing di BEI periode Desember 2005 - Juni 2008) / Maulia M.J.

Maulia M.J. (2010) Pengaruh financial leverage terhadap earning per share (EPS) (studi pada perusahaan sektor telekomunikasi yang listing di BEI periode Desember 2005 - Juni 2008) / Maulia M.J. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Janna Maulia Miftakhul. 2009. Pengaruh Financial Leverage terhadap Earning Per Share (EPS) Perusahaan Sektor Telekomunikasi yang Listing di BEI Periode Desember 2005-Juni 2008. Skripsi Program Studi Manajemen Keuangan Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Agung Winarno S.E. M.Si. (2) Lulu Nurul Istianti S.E. M.M. Kata kunci Debt to Equity Ratio (DER) Degree of Financial Leverage (DFL) Times Interest Earned Ratio (TIER) Earning Per Share (EPS). Pada dasarnya dalam melaksanakan kegiatannya setiap perusahaan memerlukan dana untuk membiayai operasinya. Pendanaan yang dilakukan oleh perusahaan dapat berasal dari modal sendiri (equity) maupun berasal dari utang baik utang jangka pendek maupun jangka panjang. Besar kecilnya pendanaan perusahaan yang berasal dari utang merupakan cerminan tingkat leverage dari suatu perusahaan. Tingkat leverage tersebut akan menentukan jumlah besar kecilnya Earning Per Share (EPS) yang akan diterima pada setiap lembar sahamnya sehingga dapat diketahui kemampulabaan perusahaan dalam menghasilkan laba (earning) tiap lembar sahamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan besarnya Debt to Equity Ratio (DER) Degree of Financial Leverage (DFL) Times Interest Earned Ratio (TIER) dan pendapatan per lembar saham (Earning Per Share-EPS) dari perusahaan sektor telekomunikasi selama periode Desember 2005-Juni 2008 dan pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) Degree of Financial Leverage (DFL) dan Times Interest Earned Ratio (TIER) terhadap Earning Per share (EPS) perusahaan sektor telekomunikasi selama periode pengamatan baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor telekomunikasi yang listing di BEI sebanyak 6 perusahaan sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 5 perusahaan yang diambil secara purpossive sampling. Dalam penelitian ini rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research). Dan untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Sedangakan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) rata-rata DER perusahaan sampel mengalami penurunan DFL mengalami peningkatan TIER mengalami penurunan dan EPS mengalami penurunan 2) secara parsial Debt to Equity Ratio (DER) Degree of Financial Leverage (DFL) Times Interest Earned Ratio (TIER) berpengaruh signifikan terhadap Earning Per share (EPS) 3) Earning Per share (EPS) perusahaan sektor telekomunikasi yang listing di BEI periode Desember 2005-Juni 2008 secara simultan dipengaruhi oleh Debt to Equity Ratio (DER) Degree of Financial Leverage (DFL) Times Interest Earned Ratio (TIER).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30613

Actions (login required)

View Item View Item