Pengaruh praktik kerja industri (prakerin), self efficacy dan adversity quotient terhadap kesiapan kerja siswa kelas xii smk swasta di kota malang / Indah Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh praktik kerja industri (prakerin), self efficacy dan adversity quotient terhadap kesiapan kerja siswa kelas xii smk swasta di kota malang / Indah Susanti

Susanti, Indah Susanti (2024) Pengaruh praktik kerja industri (prakerin), self efficacy dan adversity quotient terhadap kesiapan kerja siswa kelas xii smk swasta di kota malang / Indah Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan berperan penting dalam mencetak sumber daya manusia berkualitas yang diperlukan untuk pembangunan ekonomi dan pengembangan negara. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berfokus pada pengembangan keterampilan siswa agar siap bekerja namun lulusan SMK masih banyak yang menganggur karena belum memenuhi tuntutan kualitas dunia kerja. Kesiapan kerja siswa SMK dipengaruhi oleh praktek kerja industri (Prakerin) self efficacy dan adversity quotient yang berperan dalam meningkatkan kompetensi keyakinan diri dan kemampuan menghadapi tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menggambarkan kualitas praktik kerja industri (prakerin) siswa kelas XII SMK Swasta di Kota Malang (2) menggambarkan kualitas self efficacy siswa kelas XII SMK Swasta di Kota Malang (3) menggambarkan kualitas adversity quotient siswa kelas XII SMK Swasta di Kota Malang (4) menggambarkan tingkat kesiapan kerja siswa kelas XII SMK Swasta di Kota Malang (5) menganalisis pengaruh praktik kerja industri (prakerin) terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII SMK Swasta di Kota Malang (6) menganalisis pengaruh self efficacy terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII SMK Swasta di Kota Malang (7) menganalisis pengaruh adversity quotient terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII SMK Swasta di Kota Malang dan (8) menganalisis pengaruh antara praktik kerja industri (prakerin) self efficacy dan adversity quotient terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII SMK Swasta di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif korelasional. Populasi penelitian terdiri dari 435 siswa kelas XII SMK Swasta di Kota Malang. Sampel penelitian berjumlah 208 siswa yang dipilih menggunakan teknik proporsional random sampling. Lokasi penelitian adalah Kota Malang. Data dikumpulkan menggunakan angket tertutup. Analisis data dilakukan dengan bantuan software IBM SPSS 26 menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini yaitu (1) praktik kerja industri (prakerin) siswa kelas XII SMK Swasta di Kota Malang dikategorikan sangat tinggi (2) self efficacy siswa kelas XII SMK Swasta di Kota Malang dikategorikan sangat tinggi (3) adversity quotient siswa kelas XII SMK Swasta di Kota Malang dikategorikan sangat tinggi (4) kesiapan kerja siswa kelas XII SMK Swasta di Kota Malang dikategorikan sangat tinggi (5) terdapat pengaruh yang signifikan praktik kerja industri (prakerin) terhadap kesiapan kerja (6) terdapat pengaruh yang signifikan self efficacy terhadap kesiapan kerja (7) terdapat pengaruh yang signifikan adversity quotient terhadap kesiapan kerja dan (8) terdapat pengaruh yang signifikan praktik kerja industri self efficacy dan adversity quotient terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII SMK Swasta di Kota Malang. Sumbangan efektif praktik kerja industri self efficacy dan adversity quotient terhadap kesiapan kerja masing-masing adalah 16 09% 14 58% dan 40 31%. Sumbangan relatif praktik kerja industri self efficacy dan adversity quotient terhadap kesiapan kerja masing-masing adalah 22 67% 20 54% dan 56 79%. Saran pada penelitian ini ditujukan untuk (1) Kepala sekolah diharapkan dapat meningkatkan kerja sama dengan dunia industri dan usaha serta memberikan pelatihan terkait perkembangan terbaru di dunia usaha untuk mempersiapkan siswa menghadapi dunia kerja yang terus berkembang (2) Siswa diharapkan dapat meningkatkan praktik kerja industri (prakerin) self-efficacy dan adversity quotient yang berpengaruh terhadap kesiapan kerja. Hal ini bisa dicapai dengan sungguh-sungguh melaksanakan prakerin melatih kepercayaan diri dan kemampuan menghadapi masalah (3) Kepada Ketua Departemen Administrasi Pendidikan penelitian ini memberikan informasi tambahan tentang pentingnya pengalaman magang kepercayaan diri dan kemampuan mengatasi hambatan dalam meningkatkan kesiapan kerja (4) Peneliti selanjutnya dapat menambahkan variabel lain yang berpengaruh terhadap kesiapan kerja dan mengembangkan instrumen penelitian terkait pengalaman prakerin yang lebih khusus untuk bidang kejuruan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jul 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/306129

Actions (login required)

View Item View Item