Pengaruh program asistensi mengajar terhadap keterampilan berkomunikasi dan keterampilan kerja tim mahasiswa universitas negeri malang / Lovina Kharisma Enjelica - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh program asistensi mengajar terhadap keterampilan berkomunikasi dan keterampilan kerja tim mahasiswa universitas negeri malang / Lovina Kharisma Enjelica

Enjelica, Lovina Kharisma Enjelica (2024) Pengaruh program asistensi mengajar terhadap keterampilan berkomunikasi dan keterampilan kerja tim mahasiswa universitas negeri malang / Lovina Kharisma Enjelica. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Asistensi Mengajar merupakan bentuk aktivitas pembelajaran yang dilaksanakan mahasiswa secara kolaboratif di bawah bimbingan guru dan dosen pembimbing di lapangan pada pendidikan formal tingkat dasar hingga menengah. Pelaksanaan Asistensi Mengajar berguna untuk membentuk keahlian dan memberikan pengalaman kerja bagi mahasiswa dalam bidang pendidikan. Asistensi Mengajar termasuk dalam kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan meningkatkan kompetensi lulusan baik soft skill maupun hard skill supaya lebih siap dan relevan berdasarkan kebutuhan zaman serta menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan yang unggul. Sehingga perlu menyiapkan anak didik unggul dari instansi pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Pelaksanaan Asistensi Mengajar meliputi kegiatan akademik non akademik dan kegiatan lainnya. Kegiatan akademik meliputi kegiatan pembelajaran literasi numerasi namun kegiatan nonakademik meliputi adaptasi teknologi pengelolaan administrasi baik bagi sekolah secara menyeluruh ataupun bagi guru secara khusus. Selain itu mahasiswa juga memperoleh peningkatan soft skill. Mahasiswa berpeluang dalam mengembangkan inovasi belajar yang berguna untuk mengoptimalkan model aktivitas mengajar di satuan pendidikan dan mahasiswa memperoleh peluang mengembangkan kegiatan maupun program kerja berdasarkan kebutuhan sekolah yang ditempati. Sekarang ini dalam dunia kerja soft skill menjadi kedudukan terpenting untuk melakukan perubahan keterampilan baru (new skill). Tentu keterampilan berkomunikasi memberikan bantuan mahasiswa ketika terjun di lapangan yang bermanfaat dalam menyampaikan informasi memecahkan masalah dan memberikan feedback. Selain keterampilan berkomunikasi keterampilan kerja tim merupakan bagian dari soft skill yang menunjang pelaksanaan Asistensi Mengajar. Mahasiswa yang mempunyai kemampuan keterampilan kerja tim secara baik maka mampu beradaptasi dan menemui berbagai orang baru untuk melakukan kerja sama. Model program Asistensi Mengajar yang dirancang berguna untuk menguatkan upaya pencapaian soft skill. Adanya Asistensi Mengajar menjadi sebuah target yang ideal bagi mahasiswa dengan menyesuaikan soft skill. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan kualitas pelaksanaan Asistensi Mengajar mahasiswa Universitas Negeri Malang (2) mendeskripsikan kualitas keterampilan berkomunikasi mahasiswa lulusan Asistensi Mengajar Universitas Negeri Malang (3) mendeskripsikan kualitas keterampilan kerja tim mahasiswa lulusan Asistensi Mengajar Universitas Negeri Malang (4) mengetahui pengaruh kualitas pelaksanaan Asistensi Mengajar terhadap keterampilan berkomunikasi mahasiswa Universitas Negeri Malang (5) mengetahui pengaruh kualitas pelaksanaan Asistensi Mengajar terhadap keterampilan kerja tim mahasiswa Universitas Negeri Malang (6) mengetahui pengaruh kualitas pelaksanaan Asistensi Mengajar terhadap keterampilan berkomunikasi dan keterampilan kerja tim mahasiswa Universitas Negeri Malang. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif analisis regresi linear dan uji MANOVA (Multivariate Analysis of Variance). Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Universitas Negeri Malang yang telah melaksanakan Asistensi Mengajar tahun 2022/2023 berjumlah 1343 orang. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan mengopsikan mahasiswa yang telah melaksanakan Asistensi Mengajar dari tiga departemen yang berbeda fakultas karena berdasarkan rekapitulasi penempatan Asistensi Mengajar tiga departemen berbeda fakultas dalam sampel penelitian ini melaksanakan Asistensi Mengajar di satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah. Sehingga peneliti mengetahui kualitas pelaksanaan Asistensi Mengajar kualitas keterampilan berkomunikasi mahasiswa dan kualitas kerja tim mahasiswa di satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah yang berjumlah 183 orang. Data Penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif analisis regresi linear sederhana dan uji MANOVA. Simpulan penelitian sebagai berikut (1) kualitas pelaksanaan Program Asistensi Mengajar mahasiswa Universitas Negeri Malang tergolong dalam kategori tinggi (2) kualitas keterampilan berkomunikasi mahasiswa lulusan Asistensi Mengajar Universitas Negeri Malang tergolong dalam ketegori tinggi (3) kualitas keterampilan kerja tim mahasiswa lulusan Asistensi Mengajar Universitas Negeri Malang tergolong dalam kategori tinggi (4) terdapat pengaruh signifikan antara Asistensi Mengajar terhadap keterampilan berkomunikasi mahasiswa Universitas Negeri Malang (5) terdapat pengaruh signifikan antara Asistensi Mengajar terhadap keterampilan kerja tim mahasiswa Universitas Negeri Malang (6) ada pengaruh program Asistensi Mengajar terhadap keterampilan berkomunikasi dan keterampilan kerja tim mahasiswa Universitas Negeri Malang. Berdasarkan simpulan penelitian maka saran dari peneliti diberikan kepada (1) Rektor dan Dekan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan pelaksanaan Asistensi Mengajar periode selanjutnya dengan cara menyelenggarakan kegiatan pelatihan yang mendukung kualitas keterampilan berkomunikasi dan keterampilan kerja tim mahasiswa (2) Ketua Departemen supaya mampu mempertahankan pelaksanaan Asistensi Mengajar yang mempengaruhi kualitas keterampilan berkomunikasi mahasiswa lulusan Asistensi Mengajar dan kualitas keterampilan kerja tim mahasiswa lulusan Asistensi Mengajar (3) Mahasiswa agar dapat memotivasi mahasiswa dalam melaksanakan Asistensi Mengajar terutama pada kualitas keterampilan berkomunikasi dan keterampilan kerja tim (4) Peneliti selanjutnya sebagai penyusunan karya ilmiah dengan mengangkat rumusan masalah penelitian pada lingkup yang sama dengan harapan menyertakan variabel lain yang mempengaruhi pelaksanaan Asistensi Mengajar. Program Asistensi Mengajar merupakan bentuk aktivitas pembelajaran yang dilaksanakan mahasiswa secara kolaboratif di bawah bimbingan guru dan dosen pembimbing di lapangan pada pendidikan formal tingkat dasar hingga menengah. Pelaksanaan Asistensi Mengajar berguna untuk membentuk keahlian dan memberikan pengalaman kerja bagi mahasiswa dalam bidang pendidikan. Asistensi Mengajar termasuk dalam kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan meningkatkan kompetensi lulusan baik soft skill maupun hard skill supaya lebih siap dan relevan berdasarkan kebutuhan zaman serta menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan yang unggul. Sehingga perlu menyiapkan anak didik unggul dari instansi pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Pelaksanaan Asistensi Mengajar meliputi kegiatan akademik non akademik dan kegiatan lainnya. Kegiatan akademik meliputi kegiatan pembelajaran literasi numerasi namun kegiatan nonakademik meliputi adaptasi teknologi pengelolaan administrasi baik bagi sekolah secara menyeluruh ataupun bagi guru secara khusus. Selain itu mahasiswa juga memperoleh peningkatan soft skill. Mahasiswa berpeluang dalam mengembangkan inovasi belajar yang berguna untuk mengoptimalkan model aktivitas mengajar di satuan pendidikan dan mahasiswa memperoleh peluang mengembangkan kegiatan maupun program kerja berdasarkan kebutuhan sekolah yang ditempati. Sekarang ini dalam dunia kerja soft skill menjadi kedudukan terpenting untuk melakukan perubahan keterampilan baru (new skill). Tentu keterampilan berkomunikasi memberikan bantuan mahasiswa ketika terjun di lapangan yang bermanfaat dalam menyampaikan informasi memecahkan masalah dan memberikan feedback. Selain keterampilan berkomunikasi keterampilan kerja tim merupakan bagian dari soft skill yang menunjang pelaksanaan Asistensi Mengajar. Mahasiswa yang mempunyai kemampuan keterampilan kerja tim secara baik maka mampu beradaptasi dan menemui berbagai orang baru untuk melakukan kerja sama. Model program Asistensi Mengajar yang dirancang berguna untuk menguatkan upaya pencapaian soft skill. Adanya Asistensi Mengajar menjadi sebuah target yang ideal bagi mahasiswa dengan menyesuaikan soft skill. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan kualitas pelaksanaan Asistensi Mengajar mahasiswa Universitas Negeri Malang (2) mendeskripsikan kualitas keterampilan berkomunikasi mahasiswa lulusan Asistensi Mengajar Universitas Negeri Malang (3) mendeskripsikan kualitas keterampilan kerja tim mahasiswa lulusan Asistensi Mengajar Universitas Negeri Malang (4) mengetahui pengaruh kualitas pelaksanaan Asistensi Mengajar terhadap keterampilan berkomunikasi mahasiswa Universitas Negeri Malang (5) mengetahui pengaruh kualitas pelaksanaan Asistensi Mengajar terhadap keterampilan kerja tim mahasiswa Universitas Negeri Malang (6) mengetahui pengaruh kualitas pelaksanaan Asistensi Mengajar terhadap keterampilan berkomunikasi dan keterampilan kerja tim mahasiswa Universitas Negeri Malang. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif analisis regresi linear dan uji MANOVA (Multivariate Analysis of Variance). Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Universitas Negeri Malang yang telah melaksanakan Asistensi Mengajar tahun 2022/2023 berjumlah 1343 orang. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan mengopsikan mahasiswa yang telah melaksanakan Asistensi Mengajar dari tiga departemen yang berbeda fakultas karena berdasarkan rekapitulasi penempatan Asistensi Mengajar tiga departemen berbeda fakultas dalam sampel penelitian ini melaksanakan Asistensi Mengajar di satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah. Sehingga peneliti mengetahui kualitas pelaksanaan Asistensi Mengajar kualitas keterampilan berkomunikasi mahasiswa dan kualitas kerja tim mahasiswa di satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah yang berjumlah 183 orang. Data Penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif analisis regresi linear sederhana dan uji MANOVA. Simpulan penelitian sebagai berikut (1) kualitas pelaksanaan Program Asistensi Mengajar mahasiswa Universitas Negeri Malang tergolong dalam kategori tinggi (2) kualitas keterampilan berkomunikasi mahasiswa lulusan Asistensi Mengajar Universitas Negeri Malang tergolong dalam ketegori tinggi (3) kualitas keterampilan kerja tim mahasiswa lulusan Asistensi Mengajar Universitas Negeri Malang tergolong dalam kategori tinggi (4) terdapat pengaruh signifikan antara Asistensi Mengajar terhadap keterampilan berkomunikasi mahasiswa Universitas Negeri Malang (5) terdapat pengaruh signifikan antara Asistensi Mengajar terhadap keterampilan kerja tim mahasiswa Universitas Negeri Malang (6) ada pengaruh program Asistensi Mengajar terhadap keterampilan berkomunikasi dan keterampilan kerja tim mahasiswa Universitas Negeri Malang. Berdasarkan simpulan penelitian maka saran dari peneliti diberikan kepada (1) Rektor dan Dekan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan pelaksanaan Asistensi Mengajar periode selanjutnya dengan cara menyelenggarakan kegiatan pelatihan yang mendukung kualitas keterampilan berkomunikasi dan keterampilan kerja tim mahasiswa (2) Ketua Departemen supaya mampu mempertahankan pelaksanaan Asistensi Mengajar yang mempengaruhi kualitas keterampilan berkomunikasi mahasiswa lulusan Asistensi Mengajar dan kualitas keterampilan kerja tim mahasiswa lulusan Asistensi Mengajar (3) Mahasiswa agar dapat memotivasi mahasiswa dalam melaksanakan Asistensi Mengajar terutama pada kualitas keterampilan berkomunikasi dan keterampilan kerja tim (4) Peneliti selanjutnya sebagai penyusunan karya ilmiah dengan mengangkat rumusan masalah penelitian pada lingkup yang sama dengan harapan menyertakan variabel lain yang mempengaruhi pelaksanaan Asistensi Mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jul 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/306128

Actions (login required)

View Item View Item