Kusumawardhani, Dyah Kusumawardhani (2024) Manajemen layanan khusus ekstrakurikuler dalam peningkatan soft skills peserta didik (studi multi kasus di sma negeri 2 malang dan smk negeri 1 purwosari) / Dyah Kusumawardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Soft skills kini dianggap sebagai kunci kesuksesan dalam kehidupan pribadi dan profesional. Tuntutan dunia kerja menganggap sumber daya manusia unggul adalah mereka yang tidak hanya memiliki hard skill tetapi juga memiliki soft skills kuat oleh karena itu hal ini perlu menjadi perhatian dalam dunia pendidikan. Kegiatan ekstrakurikuler dalam konteks ini dapat dijadikan sebagai sarana yang efektif untuk mengembangkan soft skills peserta didik di sekolah. Melalui kegiatan ekstrakurikuler peserta didik dapat meningkatkan potensi mereka di luar jam pembelajaran dengan begitu peserta didik bisa mendapatkan pengalaman kehidupan nyata bersosialisasi dengan teman memimpin sebuah kelompok ataupun berpartisipasi dalam sebuah proyek. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji lebih dalam mengenai (1) strategi peningkatan soft skills peserta didik melalui manajemen layanan khusus ekstrakurikuler di SMA Negeri 2 Malang dan SMK Negeri 1 Purwosari (2) proses manajemen layanan khusus ekstrakurikuler dalam peningkatan soft skills peserta didik di SMA Negeri 2 Malang dan SMK Negeri 1 Purwosari (3) faktor pendukung manajemen layanan khusus ekstrakurikuler dalam peningkatan soft skills peserta didik di SMA Negeri 2 Malang dan SMK Negeri 1 Purwosari dan (4) faktor penghambat manajemen layanan khusus ekstrakurikuler dalam peningkatan soft skills peserta didik beserta solusinya di SMA Negeri 2 Malang dan SMK Negeri 1 Purwosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis rancangan multi kasus yang membahas fenomena secara rinci di SMA Negeri 2 Malang dan SMK Negeri 1 Purwosari. Peneliti menggunakan waka kesiswaan sebagai informan kunci serta pembina sekbid staf kesiswaan dan pembina ekstrakurikuler sebagai informan pendukung. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara observasi dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan secara sistematis yang dilakukan mulai dari pengumpulan data kondensasi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah (1) uji credibility (2) uji transferability (3) uji dependability dan (4) uji confirmability. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian antara lain (1) Strategi peningkatan soft skills peserta didik melalui ekstrakurikuler pada kedua kasus dilakukan dengan beberapa cara yaitu penetapan program ekstrakurikuler dilakukan dengan menyediakan program yang telah ada sebelumnya dan pengajuan program oleh peserta didik untuk pembukaan ekstrakurikuler baru. Sekolah menarik minat peserta didik untuk mengikuti ekstrakurikuler melalui demo ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler dilibatkan dalam kegiatan seperti perlombaan kemah blok latihan gabungan dan juga dilibatkan dalam kegiatan internal sekolah. Soft skills yang terbentuk pada peserta didik dari penerapan strategi tersebut adalah rasa percaya diri disiplin tanggung jawab kemampuan komunikasi kerja sama bersosialisasi dalam masyarakat kreativitas kepemimpinan dan kemandirian (2) proses manajemen yang dilakukan di kedua kasus dimulai dari perencanaan yang dilakukan melalui rapat perencanaan pada awal tahun ajaran. Pengorganisasian dilakukan dengan membentuk struktur organisasi mulai dari kepala sekolah waka kesiswaan staf kesiswaan pembina sekbid pembina dalam pelatih dan peserta didik. Pelaksanaan ekstrakurikuler dilakukan dengan pengarahan dan pengkomunikasian serta dilakukan sesuai jadwal yang telah ditetapkan pada rapat perencanaan. Pengawasan dilakukan melalui pemantauan pelaporan melalui jurnal kegiatan dan presensi serta penilaian yang dimasukkan dalam rapor dan pemberian sertifikat (3) faktor pendukung manajemen ekstrakurikuler di sekolah terdiri dari fasilitas kebijakan sekolah peralatan yang mendukung sumber daya manusia yang kompeten dan pendanaan yang didukung oleh sekolah (4) faktor penghambat terdiri dari waktu latihan yang dirasa kurang solusinya adalah sekolah memberikan izin latihan lebih awal untuk latihan ketika terdapat kegiatan tertentu seperti lomba kurangnya minat peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler solusinya adalah pembina mendorong peserta didik untuk mengikuti ekstrakurikuler masalah dari dalam diri peserta didik sendiri solusinya adalah pembina memberikan arahan kepada peserta didik pendanaan yang tidak dapat didukung sepenuhnya oleh sekolah solusinya adalah sekolah akan membayar biaya pendaftaran saja dan pembina yang malas solusinya adalah akan dilakukan evaluasi dan rolling jika tidak bisa dilanjutkan. Berdasarkan simpulan tersebut maka peneliti menyarankan kepada (1) kepala SMA Negeri 2 Malang untuk memperkuat program kegiatan ekstrakurikuler pada peserta didik sebagai bentuk peningkatan soft skills serta meningkatkan sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan ekstrakurikuler di sekolah (2) kepala SMK Negeri 1 Purwosari untuk meningkatkan kegiatan pengawasan ekstrakurikuler dengan membentuk jadwal piket untuk pembina sehingga kegiatan ekstrakurikuler dapat diawasi dan berjalan sesuai dengan perencanaan (3) ketua departemen administrasi pendidikan diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi tema penelitian bagi departemen administrasi pendidikan yang berkaitan dengan manajemen layanan khusus ekstrakurikuler dalam peningkatan soft skills peserta didik (4) peserta didik untuk mengikuti ekstrakurikuler sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki agar tidak berhenti di tengah kegiatan serta disarankan untuk mempertimbangkan manajemen waktu jika ingin mengikuti ekstrakurikuler berjumlah lebih dari satu (5) peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian mengenai manajemen layanan khusus ekstrakurikuler disarankan untuk dapat mengembangkan penelitian lanjutan dengan mengkaji lebih dalam mengenai peningkatan soft skills peserta didik melalui ekstrakurikuler.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/306126 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |